Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Peran, Tugas, dan Cara Kerja Kantor Akuntan Publik atau KAP

Kantor akuntan publik atau KAP biasanya memberikan nasihat tentang transaksi keuangan, pajak, dan lain-lain.
Akuntan publik biasanya memberikan nasihat kepada korporasi dan pebisnis./ilustrasi
Akuntan publik biasanya memberikan nasihat kepada korporasi dan pebisnis./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor akuntan publik (KAP) menyediakan jasa akuntan yang melayani bisnis, individu, pemerintah, korporasi dan nirlaba dengan menyiapkan laporan keuangan, hingga pengembalian pajak.

Perusahaan, korporasi, atau pebisnis biasanya akan mencari KAP yang tersertifikasi, jujur, dan mampu menyediakan ide yang inovasi dalam pengaturan keuangan. Namun, pebisnis wajib berhati-hati dalam memilih dan mencerna nasihat dari KAP ya...

KAP memiliki peran strategis di perusahaan. Sebab, akuntan publik ini akan memberikan nasihat tentang transaksi yang akan dilakukan dan telah terjadi kepada mitra atau perusahaan.

Biasanya jasa akuntan publik banyak dicari di Jakarta, banyaknya perusahaan dan meningkatkan transaksi keuangan. Lantas, tidak heran banyak jasa akuntansi publik yang menjamur di Ibu Kota.

Adapun layanan utama yang diberikan oleh kantor akuntan publik adalah persiapan, review, dan audit laporan keuangan, pekerjaan pajak, dan konsultasi dan nasihat tentang sistem akuntansi, merger dan akuisisi (M&A), dan peningkatan modal.

Orang yang bekerja dalam pekerjaan akuntan publik biasanya adalah CPA dan berkembang melalui peran staf, senior, manajer, dan mitra. Ukuran perusahaan bervariasi dari puluhan ribu karyawan hingga hanya beberapa.

Dilansir dari Corporate Finance Institute, Selasa (28/2/2023), terdapat beberapa jalur karir keuangan di kantor akuntan publik yakni penasihat Transaksi, uji kelayakan dan valuasi.

Biasanya, kantor akuntan publik akan mempekerjakan lulusan S1 akuntansi universitas, yang juga berniat untuk menempuh mengambil gelar Certified Public Accountant (CPA).

CPA adalah sertifikasi profesi akuntan publik di Indonesia. Sertifikasi diberikan kepada seseorang yang memiliki kompetensi pengetahuan teoritis pada bidang yang dibutuhkan oleh seorang akuntan publik untuk menjalankan tugasnya.

Akuntan publik yang bersertifikat tau CPA berperan sebagai penasihat keuangan yang membantu individu, bisnis, dan organisasi lain merencanakan dan mencapai tujuan keuangan mereka. Akuntan publik juga bisa merancang penghematan untuk pembukaan kantor cabang baru.

Bagaimana cara kerja akuntan publik?

Kantor akuntan publik biasanya menyediakan jasa akuntansi, audit dan penjaminan, pembukuan, jasa kredit konsumen dan komersial, perencanaan/saran keuangan, pelaporan keuangan, akuntansi forensik, kebangkrutan dan rekonstruksi perusahaan, akuntansi manajemen, konsultasi manajemen, perpajakan, akuntansi transaksional, dan jasa penilaian.

KAP juga terlibat lebih dalam khususnya terkait layanan perpajakan yang melibatkan penentuan kewajiban atau hak pajak klien atau pemberi kerja, atau memenuhi kewajiban mitra sesuai undang-undang perpajakan.

Layanan perpajakan yang disediakan KAP kepada mitranya:

  1. Persiapan pengembalian, pemberitahuan, pernyataan, aplikasi atau dokumen lain untuk diajukan ke otoritas pendapatan dan menanggapi atas nama klien atau pemberi kerja untuk permintaan informasi lebih lanjut dari otoritas pendapatan.
  2. Persiapan perhitungan pajak untuk digunakan sebagai dasar entri akuntansi dalam laporan keuangan
  3. Penyediaan perencanaan pajak dan layanan penasihat pajak lainnya dan membantu klien atau pemberi kerja menyelesaikan sengketa pajak.


Di sisi lain, KAP juga menyediakan akuntansi manajemen yang  berarti memberikan data dan saran keuangan dan non-keuangan kepada perusahaan yang akan membantu menjalankannya sehari-hari dan pertumbuhan jangka panjang.

Peran KAP di bagian akuntansi manajemen adalah  penyiapan laporan dan akun manajemen yang memberikan informasi keuangan dan statistik yang akurat dan tepat waktu kepada para manajer, sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis yang cerdas.

Fungsi dan peran akuntansi manajemen KAP adalah

1. Merencanakan bisnis

2. Meramalan peluang

3. Merancang arus kas

4. Penganggaran

5. Akuntansi manajemen

6. Akuntansi biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper