Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Dividen Emiten Bank Tiba, Simak Jadwal RUPST BMRI hingga BBCA Bulan Ini

Ada 7 bank besar, seperti bank BCA (BBCA) hingga Bank Mandiri (BMRI) yang akan menggelar RUPST pada bulan ini untuk membahas pembagian dividen tahun buku 2022
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). /Bisnis-Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). /Bisnis-Arief Hermawan P

Berikut jadwal RUPST tujuh bank besar di Indonesia pada bulan ini:

1. Bank Mandiri

Bank Mandiri akan menggelar RUPST pada 14 Maret 2023 mendatang. Agenda tersebut akan diselenggarakan di Auditorium Plaza Mandiri Lt. 3 Plaza Mandiri pukul 14:00 WIB. Acara akan digelar secara fisik dan elektronik.

Mata acara rapat di antaranya adalah persetujuan penggunaan laba bersih tahun buku 2022. Perseroan juga akan membahas Penetapan remunerasi tahun 2023 dan tantiem tahun buku 2022 bagi direksi serta dewan komisaris perseroan.

Salah satu mata acara RUPST BMRI yang berbeda dari bank lainnya adalah persetujuan stock split dengan rasio 1:2 atau dari Rp250 per saham menjadi Rp125 per saham.

2. BRI 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) akan menggelar rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada 13 Maret 2023 mendatang. Nantinya, rapat akan diselenggarakan secara elektronik melalui fasilitas electronic general meeting system KSEI (eASY.KSEI).  

Satu mata acara dalam RUPST ini adalah penggunalan laba bersih tahun buku 2022 dan pembayaran dividen. Mata acara yang berbeda dari bank lainnya, BBRI akan meminta persetujuan atas rencana pembelian kembali saham yang dikeluarkan (buyback). Pengalihan saham hasil buyback tersebut nantinya akan disimpan sebagai saham treasuri (treasury stock). 

3. BCA

BCA akan menggelar RUPST pada 16 Maret 2023, pukul 09.30 WIB, di Menara BCA, Jakarta. RUPST itu akan digelar secara fisik dan elektronik.

Sejumlah mata acara akan dibahas, seperti terkait dengan persetujuan atas laporan tahunan termasuk laporan keuangan perseroan dan laporan tugas pengawasan dewan komisaris untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022.

Kemudian terkait penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022, penetapan gaji atau honorarium dan tunjangan untuk tahun buku 2023 serta tantiem untuk tahun buku 2022 kepada anggota direksi serta dewan komisaris. 

BCA juga akan meminta persetujuan perubahan recovery plan dan persetujuan atas resolution plan perseroan.

4. BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) telah mengumumkan kepada pemilik sahamnya akan menyelenggarakan RUPST tahun buku 2022 pada 15 Maret 2023. Pemegang saham dapat menggunakan eASY.KSEI untuk menghadiri rapat.

Ada sejumlah mata acara dalam RUPST tersebut, seperti persetujuan penggunaan laba bersih perseroan untuk tahun buku 2022 hingga penetapan remunerasi. Pada RUPST ini, BNI juga akan mengumumkan perubahan susunan pengurus.

5. BTN

BTN telah mengumumkan kepada para pemegang sahamnya akan menyelenggarakan RUPST pada 16 Maret 2023 nanti. Sejumlah mata acara dalam RUPS BTN tersebut seperti penyampaian laporan tahunan, penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2022, penetapan remunerasi tahun buku 2023 dan tantiem tahun buku 2022 bagi direksi serta dewan komisaris perseroan.

6. Bank Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) telah mengumumkan akan menggelar RUPST pada 31 Maret 2023. Informasi lainnya seperti pemegang saham yang berhak hadir dalam rapat hingga penentuan mata acara akan diumumkan lebih lanjut oleh perseroan pada bulan ini.

7. Maybank Indonesia 

PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) juga akan menggelar RUPST pada 31 Maret 2023 di Jakarta. Perseroan juga akan mengumumkan lebih lanjut informasi lainnya seperti penentuan mata acara RUPST.

"Pemanggilan rapat akan dipublikasikan melalui situs web perseroan, situs web Bursa Efek Indonesia, dan situs web PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai penyedia e-RUPS pada tanggal 9 Maret 2023," kata Direksi BNII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper