Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK: Merger Bank Milik James Riady (NOBU) & Hary Tanoe (BABP) Agustus 2023

OJK mengonfirmasi merger Bank Milik James Riady (NOBU) & Hary Tanoe (BABP) akan terlaksana pada Agustus 2023.
Logo PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) dan PT Bank National Nobu Tbk. (NOBU).
Logo PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) dan PT Bank National Nobu Tbk. (NOBU).

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengonfirmasi bahwa merger bank milik taipan James Riady PT Bank Nationalnobu Tbk. (Nobu) dengan bank milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo PT Bank MNC Internasional Tbk. (BABP) akan terlaksana pada Agustus 2023.

Kepala Eksekutif Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan saat ini baik Bank Nobu dan Bank MNC sudah menunjuk konsultan keuangan dan konsultan hukum. Kemudian, keduanya sedang dalam proses penyusunan project management office (PMO) atau tim merger.

"Kalau komitmennya, legal merger diperkirakan akan terlaksana pada Agustus 2023," kata Dian kepada Bisnis pada Minggu (5/3/2023).

Dian mengatakan baik NOBU dan BABP telah menyampaikan rencana merger sebelum batas waktu terakhir pemenuhan ketentuan modal inti Rp3 triliun pada 31 Desember 2022.

"Terkait dengan merger dua bank yakni Bank MNC dan Bank Nobu, mereka sudah mengajukan rencana merger sebelum deadline pada 2022 kemarin. Jadi memang ini sedang dalam proses sudah ada tim merger dan sudah ada langkah-langkah realisasi mergernya," katanya dalam agenda Rapat Dewan Komisioner Bulanan, Senin (27/2/2023).

Sementara, aksi merger kedua bank bukan lagi dilangsungkan untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum Rp3 triliun. Dengan demikian, dia menilai isunya adalah bukan lagi berbicara soal memenuhi persyaratan Rp3 triliun.

"Jadi, kalau ngobrolnya tentang 2 bank itu adalah merger yang akan memperkuat 2 usaha ini," kata Dian.

Bisnis juga telah memastikan kembali kepada Dian Ediana Rae mengenai rencana aksi itu. Dia menegaskan bahwa aksi korporasi itu ada kepentingan yang lebih besar.  

"Saya melihatnya ini kepentingan bisnis yang lebih besar nantinya. Merger konglomerasi harus kita dorong agar tercapai economic of scale pelaku bisnis kita dalam skala ekonomi global. Bukan tanpa alasan Pemerintah dan DPR memberikan mandat kepada kita untuk melakukan pengawasan terhadap konglomerasi dalam UU P2SK," ujarnya.

Dia pun memastikan bahwa sudah ada kesepakatan antara kedua pemegang saham, Hary Tanoe dan James Riady, untuk melakukan aksi merger itu.

"Sudah tanda tangan," ujarnya singkat. 

Kedua bank juga telah mengonfirmasi kabar merger tersebut. Dalam keterbukaan informasi, Corporate Secretary Bank Nobu Mario Satrio mengatakan atas pemberitaan yang beredar terkait merger dengan Bank MNC, perseroan senantiasa patuh dan tunduk pada seluruh ketentuan OJK, tidak terkecuali Peraturan OJK (POJK) terkait Konsolidasi Bank Umum.

Dia pun menjelaskan latar belakang atas rencana merger tersebut.

"Setiap corporate action yang dilakukan perseroan bertujuan untuk mendukung pengembangan volume usaha perseroan dalam jangka panjang guna mewujudkan

pertumbuhan yang berkelanjutan," katanya dalam keterbukaan informasi pada Kamis (2/3/2023).

Rencana ini menurutnya didukung penuh oleh pemegang saham agar perseroan selalu mematuhi ketentuan yang berlaku. Dia juga menjelaskan bahwa setiap corporate action yang dilakukan perseroan akan berkontribusi pada kegiatan operasional dan keuangan yang semakin baik.

Sementara itu, Corporate Secretary BABP Heru Sulistiadhi mengatakan terkait dengan rencana merger dengan Bank Nobu, pihak yang paling berkompeten untuk menjelaskan adalah OJK.

Adapun, latar belakang atas rencana merger itu seperti yang OJK jelaskan bukan untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum.

"Rencana ini dalam rangka memperkuat usaha dan sinergi dari para pihak," katanya dalam keterbukaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper