Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei DataIndonesia.Id: Penetrasi Fintech Semakin Dalam

Survei Konsumen Financial Technology 2023 yang dilakukan oleh DataIndonesia.id secara online, sebanyak 81,75 persen masyarakat Indonesia telah memahami fintech.
Hasil survei DataIndonesia.id, member Bisnis Indonesia Group terkait Fintech./DataIndonesia
Hasil survei DataIndonesia.id, member Bisnis Indonesia Group terkait Fintech./DataIndonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil riset DataIndonesia.id menunjukkan penggunaan perusahaan teknologi berbasis keuangan (Financial technology/FinTech) telah semakin merata di tengah masyarakat. 

Dari hasil survei Konsumen Financial Technology 2023 yang dilakukan oleh DataIndonesia.id secara online, sebanyak 81,75 persen masyarakat Indonesia telah memahami tentang layanan fintech.

Jumlah itu jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang ragu-ragu  (12,59 persen) maupun tidak tahu (5,66 persen).

Survei ini mengambil jumlah responden sebanyak 1.100 yang menggunakan internet di berbagai wilayah Indonesia. Dalam 16 Januari hingga 6 Februari 2023. Survei DataIndonesia.id menggunakan metode pencuplikan sampel secara acak (simple random sampling) dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 4,2 persen.

“Masyarakat Indonesia semakin banyak yang mengetahui beragam fintech dan menggunakannya untuk berbagai aktivitas keuangan sehari-hari, mulai dari pembayaran, perbankan, peminjaman, investasi, hingga asuransi,” ulas DataIndonesia.Id, Selasa (21/3/2023).

Jika dilihat lebih mendalam,  fintech pembayaran digital juga menjadi yang paling sering dipakai oleh masyarakat Indonesia. Layanan ini menjangkau 93,81 persen responden.

Selanjutnya layaan bank digital telah digunakan oleh 56,67 persen responden. Selanjutnya investasi secara online mencakup 29,59 persen responden. Adapun pinjaman online (pinjol) dinyatakan telah digunakan oleh 24,56 persen responden, sedangkan  asuransi online sering digunakan oleh 12,57 persen responden.

         Tingginya penetrasi fintech di kalangan pengguna internet itu bukan tanpa alasan. Tercatat 88,3 persen responden menyebut fintech jadi pilihan karena alasan mudah.

Sebanyak 81,62 persen responden menggunakan fintech karena sesuai dengan kebutuhan. Hemat waktu juga menjadi pertimbangan bagi 74,66 persen responden dalam menggunakan fintech. 

Lainnya 56,09 persen responden memilih menggunakan fintech karena fiturnya yang lengkap. Kemudian, 27,27 persen responden menggunakan fintech berdasarkan produk yang populer. Ada pula 14,70 persen responden yang menggunakan fintech berdasarkan rekomendasi orang lain. Sementara, 2,13 persen responden memakai fintech karena pertimbangan lainnya.

Untuk pertimbangan menggunakan fintech berbeda di setiap generasi. Mayoritas generasi X menggunakan fintech yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Sementara, generasi milenial dan Z lebih memilih fintech berdasarkan kemudahan dalam penggunaannya.

Dalam pengenalan  hasil survey ini, DataIndonesia.id juga menggelar Apresiasi Fintech 2023 sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan industri financial technology (fintech) di Indonesia. Kegiatan Apresiasi Fintech 2023 yang digelar berupa talkshow bertajuk Peluang dan Tantangan Fintech 2023 serta pemberian penghargaan kepada sejumlah penyedia layanan fintech terpopuler. Acara tersebut dilaksanakan secara online pada Selasa, 21 Maret 2023.

Talkshow menghadirkan pembicara Bapak Rudiantara, Ketua Indonesia Fintech Society yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014-2019, dengan Moderator Redaktur Pelaksana Bisnis Indonesia Galih Kurniawan,.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper