Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adira Finance (ADMF) dan Wom Finance (WOMF) Tebar Dividen Rp850 Miliar Lebih

Adira Finance (ADMF) dan Wom Finance (WOMF) masing-masing membagikan rasio dividen 50 persen dan 30 persen.
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. /Bisnis-Endang Muchtar
Karyawan beraktivitas di kantor Adira Finance di Jakarta. /Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — Industri multifinance menutup tahun buku 2022 dengan kinerja cemerlang.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) dan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) memutuskan untuk membagikan dividen tunai dari laba tahun lalu. 

Daftar perusahaan yang sudah mengumumkan pembagian dividen

1. PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) 

Pada 30 Maret kemarin, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOMF) atau WOM Finance mengumumkan pembagian dividen tunai senilai Rp59,28 miliar kepada para pemegang saham untuk tahun buku 2022. Adapun dividen tersebut setara dengan 30 persen dari perolehan laba bersih perusahaan pada 2022. 

Tahun lalu, emiten pembiayaan tersebut membukukan laba bersih senilai Rp197,6 miliar.

“Sebesar Rp59,28 miliar atau 30 persen dari laba bersih Perseroan dibagikan sebagai dividen tunai untuk tahun buku 2022 yang akan dibagikan kepada 3,48 miliar saham,” kata Presiden Komisaris sekaligus Komisaris Independen WOM Finance I Nyoman Tjager dalam RUPST WOMF di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Dengan demikian, nantinya setiap saham memperoleh dividen atau sekitar sebesar Rp17 per saham. Selain itu, rapat WOM Finance juga menyetujui penggunaan laba bersih tahun buku 2022 senilai Rp2,5 miliar dari laba bersih perseroan untuk digunakan sebagai dana cadangan umum.

“Itu guna memenuhi ketentuan dalam Pasal 70 ayat (1) UUPT dan Pasal 21 Anggaran Dasar Perseroan,” tambahnya.

Sementara itu, sisa dari laba bersih, yakni senilai Rp135,82 miliar akan dicatat sebagai laba ditahan. Tercatat, WOMF membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 79,5 persen (year-on-year/yoy) dari sebelumnya Rp110,06 miliar menjadi Rp197,6 miliar.

2. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) 

 Adira Finance mengumumkan pembagian dividen sebesar Rp803 miliar berdasarkan RUPST yang digelar pada Selasa (4/4/2023).  Presiden Direktur Adira Finance I Dewa Made Susila pihaknya membagikan dividen sebesar 50 persen dari laba bersih perusahaan pada 2022.

"RUPST menyetujui pembagian dividen 50 persen dari laba Adira Finance tahun 2022, Rp1,6 triliun menjadi ekuivalen sekitar Rp803 per lembar saham," kata Made dalam acara Buka Bersama Adira Finance di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). 

Pembayaran dividen tersebut akan dibayarkan pada 5 Mei 2023. Made mengatakan bahwa Adira Finance secara konsisten terus memberikan apresiasi atas dukungan para pemegang saham. 

"RUPST juga memutuskan untuk menyisihkan Rp16,1 miliar atau 1 persen dari laba bersih sebagai dana cadangan umum sesuai Undang-Undang Perseroan Terbatas," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper