Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Danamon (BDMN) Siap Tebar Dividen Rp1,15 Triliun, Cum Dividen 11 April 2023

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp1,15 triliun kepada pemegang sahamnya.
PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp1,15 triliun kepada pemegang sahamnya. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp1,15 triliun kepada pemegang sahamnya. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) telah menyepakati pembagian dividen tunai sebesar Rp1,15 triliun kepada pemegang sahamnya. Cum dividen jatuh pada tanggal 11 April 2023.

Berdasarkan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) Bank Danamon yang digelar pekan lalu (31/3/2023), nilai dividen Bank Danamon yang telah disepakati mencapai 35 persen dari laba bersih pada tahun buku 2022. 

Tercatat, emiten bank berkode BDMN itu membukukan laba bersih sebesar Rp3,30 triliun per 31 Desember 2022, naik 110 persen dari periode 2021 senilai Rp1,6 triliun.

Selain dividen, laba bersih Bank Danamon diperuntukkan sebagai dana cadangan sebesar 1 persen dari laba atau Rp33,02 miliar. Lalu, sisa dari laba bersih untuk tahun buku 2022 yang tidak ditentukan penggunaannya dicatat sebagai saldo laba perseroan

Sementara itu, nilai dividen per saham Bank Danamon mencapai Rp118,26 per lembar dengan asumsi jumlah saham yang dikeluarkan perseroan pada tanggal pencatatan tidak lebih dari 9,73 miliar lembar saham.

"Dividen akan dibayarkan kepada para pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal yang akan ditetapkan oleh direksi," tulis Manajemen Bank Danamon beberapa waktu lalu.

Kemudian, direksi diberi kuasa dan wewenang untuk menetapkan jadwal pelaksanaan pembayaran dividen tahun buku 2022.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Bank Danamon menetapkan jadwal pembagian dividen itu efektif pada 4 Mei 2023. Sebelum itu, Bank Danamon mulai menggelar cum date atau cum dividen pada 11 April 2023.

Cum date berasal dari singkatan cumulative date, yaitu sebuah tanggal yang menentukan bagi para investor yang berhak mendapatkan dividen dari sebuah emiten.

Bila pembelian saham setelah melewati jadwal cum date, investor tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen. Jadwal cum date hanya berlangsung selama satu hari sehingga investor akan berupaya namanya tercatat sebagai penerima hak dividen. Terdapat kemungkinan pada tanggal cum date harga sebuah saham akan meningkat.

Berikut jadwal pembagian dividen Bank Danamon:

- Cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi: 11 April 2023.

- Ex dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi: 12 April 2023.

- Cum dividen di pasar tunai: 13 April 2023.

- Ex dividen di pasar tunai: 14 April 2023.

- Daftar pemegang saham (DPS) yang berhak atas dividen tunai atau recording date: 13 April 2023.

- Pembayaran dividen: 4 Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper