Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Persiapan Bank Syariah Sambut Lebaran 2023

Sejumlah bank syariah mulai mempersiapkan dana kas hingga layanan khusus untuk menunjang keperluan transaksi nasabah selama momentum Hari Raya Idulfitri 2023.
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P
Nasabah bertransaksi di salah satu pusat anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Senin (9/1/2022). /Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah bank syariah mulai mempersiapkan dana kas hingga layanan khusus untuk menunjang keperluan transaksi nasabah selama momentum Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2023.

Sebut saja PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) yang melaporkan bahwa pihaknya telah mempersiapkan dana tunai hingga Rp37,6 triliun sejalan dengan transaksi keuangan masyarakat yang diproyeksi mengalami kenaikan pada tahun ini.

Di samping itu, PT Bank Muamalat Indonesia juga mempersiapkan dana tunai mencapai Rp600 miliar pada momentum Lebaran kali ini.  Adapun, nominal yang disediakan juga bervariasi, mulai dari Rp1.000 hingga Rp100.000.

Kemudian, Bank Syariah milik Chairul Tanjung yakni PT Bank Mega Syariah juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan uang tunai senilai Rp21 miliar untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Secara lebih rinci, berikut laporan persiapan BSI, Bank Muamalat, hingga Bank Mega Syariah menjelang libur Hari Raya Idulfitri 2023.

1. Bank Syariah Indonesia (BSI)

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, BSI menyiapkan dana tunai mencapai Rp37,6 triliun. Angka tersebut meningkat 26,2 persen dibandingkan uang kas yang disiapkan pada momentum Idulfitri tahun lalu.

Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta mengatakan, ketetapan  peningkatan uang tunai tersebut telah mempertimbangkan sejumlah aspek seperti pertumbuhan ekonomi, pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), hingga proyeksi jumlah pemudik.

"Pada idul fitri tahun ini jumlah pemudik diperkirakan mencapai lebih dari 120 juta orang. Untuk mendukung kelancaran dan kemudahan masyarakat yang akan merayakan lebaran di kampung halaman, kami terus memastikan seluruh layanan BSI dapat beroperasi dengan baik,” katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih rinci, dana tunai tersebut untuk juga disuntikkan untuk memenuhi kebutuhan operasional cabang senilai Rp30,3 triliun dan kebutuhan ATM mencapai Rp7,3 triliun. 

Di samping itu, selama periode libur lebaran tahun ini, BSI turut menyiapkan 236 kantor cabang yang akan beroperasi secara terbatas pada periode 19 April 2023 hingga 25 April 2023 di berbagai wilayah Indonesia. Kantor yang akan dibuka operasionalnya pada periode tersebut dapat melayani transaksi nasabah seperti tarik atau setor tunai, pemindahbukuan, handling complaint, hingga transaksi mitra bayar.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada kantor cabang utama, khususnya di lokasi publik,” ujar Bob.

Nasabah juga dapat melakukan berbagai melalui jaringan elektronik BSI yang meliputi 2.552 unit ATM hingga mesin electronic data capture (EDC) yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kemudian, nasabah dapat menggunakan  layanan BSI Mobile hingga layanan penukaran uang baru di 32 lokasi kas keliling seperti Bank Indonesia (BI), masjid, pelabuhan, rest area, mall, hingga pasar. Layanan penukaran uang tunai juga terdapat di 74 lokasi cabang BSI dengan jadwal penukaran yang disesuaikan dengan ketetapan BI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper