Bank Mandiri Torehkan Kinerja Impresif pada Kuartal I/2023

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mencatatkan kinerja positif pada kuartal I/2023 dengan membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp12,6 triliun.
Foto: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mencatatkan kinerja positif pada kuartal I/2023 dengan membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp12,6 triliun
Foto: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mencatatkan kinerja positif pada kuartal I/2023 dengan membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp12,6 triliun

Bisnis.com, JAKARTA  - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mencatatkan kinerja positif pada kuartal I/2023 dengan membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp12,6 triliun atau tumbuh 25,2% secara year on year (YoY).

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan pertumbuhan laba bersih merupakan hasil dari strategi Bank Mandiri yang berfokus pada pendekatan ekosistem bisnis baik dari sisi pembiayaan maupun pendanaan.

Total aset Bank Mandiri secara konsolidasi tercatat sebesar Rp1.908 triliun atau tumbuh 10,04% YoY hingga 31 Maret 2023, didorong oleh pertumbuhan kredit yang mencapai sebesar 12,36% YoY secara konsolidasi menjadi Rp1.205 triliun.

Darmawan mengatakan peningkatan kredit Bank Mandiri tentunya tidak terlepas dari semakin membaiknya fundamental ekonomi Indonesia.

“Melalui pencapaian fungsi intermediasi ini, Bank Mandiri mempertegas peranan sebagai agen pembangunan yang berupaya untuk berkontribusi maksimal terhadap perekonomian di Indonesia,” ujar Darmawan di Jakarta, Selasa (18/4).

Fungsi intermediasi yang impresif tersebut, lanjut Darmawan, merata di seluruh segmen. Kredit wholesale Bank Mandiri berhasil meningkat 9,09% YoY pada kuartal I/2023 menjadi Rp599 triliun serta kredit ritel yang meningkat 11,92% YoY dengan realisasi mencapai Rp327 triliun.

Darmawan menjelaskan pertumbuhan kinerja keuangan juga didorong oleh serangkaian inovasi dan strategi digital Bank Mandiri. Salah satunya melalui Super App Livin’ by Mandiri yang telah mampu mengelola hampir 600 juta transaksi hingga kuartal I/2023, meningkat 45% YoY dengan jumlah pengunduh menembus 25 juta sejak diluncurkan. 

Adapun, nilai transaksi Livin’ by Mandiri pada kuartal I/2023 sebesar Rp725 triliun yang juga tumbuh sebesar 45% bila dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun lalu.

Sementara itu, layanan Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri telah berhasil mengelola dana lebih dari Rp4.834 triliun transaksi hingga kuartal I/2023 atau tumbuh 19% YoY.

Pertumbuhan pengguna Kopra by Mandiri, yang kini juga telah hadir dalam versi mobile app juga meningkat lebih dari 2,5 kali lipat dalam satu tahun terakhir menjadi 98.500 pengguna per akhir Maret 2023.

“Kehadiran Livin’ dan Kopra by Mandiri juga turut menyumbang pertumbuhan dana pihak ketiga [DPK] khususnya dana murah yang signifikan. Ini membuktikan bahwa transformasi digital yang dilakukan Bank Mandiri telah berhasil berkontribusi signifikan terhadap kinerja keuangan dengan tren yang terus membaik,” kata Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper