Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Kredit UMKM Rp1.271 T dan Kredit Macet Fintech

Kredit UMKM dan kredit macet fintech menjadi topik terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com.
Pelaku usaha UMKM menyiapkan pesanan pembeli yang bertransaksi secara online. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan
Pelaku usaha UMKM menyiapkan pesanan pembeli yang bertransaksi secara online. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyaluran kredit perbankan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi berita terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com.

Tercatat per Maret 2023, nilai kredit yang disalurkan perbankan kepada segmen usaha wong cilik tumbuh 8,5 persen yoy atau menjadi Rp1.271 triliun.

Berita terpopuler lainnya yaitu mengenai kredit macet fintech yang menembus Rp645,55 miliar. Kalangan generasi milenial mendominasi kasus pinjaman atau kredit macet lebih dari 90 hari fintech di kalangan perseorangan pada Februari 2023.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Finansial Bisnis.com:

1. Kredit UMKM Rp1.271 Triliun per Maret 2023, Intip Porsinya di BRI, BNI, dan Bank Mandiri

Bank Indonesia (BI) mencatatkan penyaluran kredit kepada UMKM pada Maret 2023 tumbuh 8,5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) mencapai Rp1.271 triliun.

Adapun berdasarkan skala usahanya, kredit UMKM skala mikro tumbuh 43,9 persen menjadi Rp567 triliun, sedangkan kredit UMKM skala menengah justru tercatat terkontraksi 12,9 persen menjadi Rp291,4 triliun dan skala kecil terkontraksi 6,9 persen secara yoy menjadi Rp412,9 triliun.

2. Kemenhub, Korlantas Polri dan Jasa Raharja Tinjau Kondisi Arus Balik Mudik

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, melakukan tinjauan pengamanan arus balik Lebaran 2023 ke sejumlah titik pada Kamis (27/04/2023) Bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan helikopter polri, rombongan mendarat di Kantor Jasa Marga Cikampek, Jawa Barat.

Selain meninjau kondisi arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek Utama, Menhub juga menggelar rapat evaluasi terbatas yang juga dihadiri Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Irjen Pol. Hendro Sugiatno, dan sejumlah perwakilan instansi terkait.

3. Jasa Raharja Berkolaborasi dengan Stakeholder Cek Kesiapan Petugas Melayani Pemudik

Dalam periode PAM Lebaran tahun 2023 ini, Jasa Raharja sangat concern dan mendukung upaya Pemerintah beserta stakholder lainnya dalam upaya memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik maupun balik Lebaran 2023.

Salah satu upaya itu, Jasa Raharja aktif turut serta dalam rangkaian pemantauan arus mudik bersama mitra kerja, dengan tujuan untuk memastikan kelancaran, kenyamanan dan keamanan para pemudik agar selamat sampai tujuan.

4. Kredit Macet Fintech Tembus Rp645,55 Miliar, Didominasi Generasi Milenial

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat outstanding pinjaman atau kredit macet lebih dari 90 hari fintech di kalangan perseorangan, didominasi oleh generasi milenial dengan rentang usia 19-34 tahun per Februari 2023.

Merujuk data Statistik Fintech Lending edisi Februari 2023 yang dipublikasikan OJK pada 3 April 2023, outstanding pinjaman macet di rentang usia 19-34 tahun mencapai Rp645,55 miliar, atau naik 22,34 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari sebelumnya mencapai Rp527,68 miliar pada Februari 2022.

5. Reli Saham BRI (BBRI) Usai Raup Laba Jumbo pada Kuartal I/2023, Sempat Sentuh Rp5.150

Dinamika harga saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) kembali menyentuh level tertinggi sepanjang masa (all time high) ke level Rp5.150 usai mengumumkan telah membukukan laba bersih pada kuartal I/2023 mencapai Rp15,56 triliun.

Harga saham BBRI sempat ditutup meningkat 2,49 persen atau naik 125 poin menjadi Rp5.150 pada Kamis (27/4/2023). Kenaikan harga saham tersebut membuat kapitalisasi pasar BBRI menjadi Rp772,95 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper