Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operasi Agen UMi untuk Mudahkan UMKM

Agen UMi yang digerakkan oleh BRI sebagai induk holding diharapkan memudahkan pelaku UMKM mengakses layanan keuangan sehingga meningkatkan inklusi keuangan.
Ilustrasi pedagang ultra mikro di salah satu pasar di Jakarta./Bisnis
Ilustrasi pedagang ultra mikro di salah satu pasar di Jakarta./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi bank yang melayani masyarakat usaha kelas mikro, kecil, dan menengah, sejumlah inovasi diluncurkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. (BBRI).

Setelah memperluas cakupan agen Laku Pandai, Brilink, layanan lebih spesifik kembali diperkenalkan. "Namanya Agen Umi," kata Giri Laksomono, Manajer Bisnis Mikro BRI Kantor Cabang Cikarang di sela bazar UMKM Brilian di Cikarang, Jawa Barat pada Sabtu (17/6/2023).

Menurutnya, para agen UMi ini berasal dari rekomendasi tenaga marketing BRI atau lebih dikenal dengan sebutan mantri. "Nantinya, agen UMi juga lebih banyak berkomunikasi dengan Mantri karena turut membantu merekomendasikan nasabah yang akan dicairkan kredit," katanya.

Manajer Bisnis Mikro BRI Kantor Cabang Cikarang Acep Mardiat mengatakan secara sistem para agen UMi ini akan tercluster berdasarkan nasabah yang direkomendasikan. Apabila terjadi kredit macet pada level tertentu sekitar 3 persen, maka akun Agen UMi akan kena sanksi pembekuan hingga permasalahan kredit terselesaikan.

"Para agen UMi ini lebih informal sehingga memiliki jaringan lebih luas," katanya.

Pembentukan ini sekaligus menekan praktik ekonomi tinggi di pasar. Pasalnya, ada kalanya pedagang memaksakan diri mengambil kredit dengan bunga tinggi untuk menutup modal kerja.

Saat ini, dengan dikepung kawasan Idustri dan penduduk lebih dari 3 juta jiwa, total jumlah nasabah BRI Cabang Cikarang baru sekitar 34.000 orang. Dari jumlah ini 14.000 debitur merupakan pelaku UMKM.

Sementara itu data terbaru dari BRI,hingga kuartal I/2023 perusahaan telah merealisasikan pembentukan Agen BRILink sebanyak 654.677. Jumlah ini telah melewati target sepanjang tahun ini sebanyak 615.000 agen. Selama periode tersebut, tercatat agen Brilink melayani transaksi senilai Rp339,5 triliun

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam pernyataan tertulis menyebutkan agen laku pandai perusahaan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan layanan perbankan serta dapat memaksimalkan peluang bisnis dan menjalankan usaha.

Dalam pelaksanaannya, layanan keuangan di sebelah rumah ini beroperasi sepanjang waktu bahkan dalam periode hari libur. Hadirnya Agen BRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur keuangan yang dibutuhkan seperti pembayaran tagihan listrik, tarik tunai, hingga setoran pinjaman.
Ke depan, dirinya menuturkan pengembangan Agen BRILink akan mengoptimalkan serta memaksimalkan perbankan digital, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat ke masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper