Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya 11 Anak Usaha, BRI (BBRI) Ungkap Jumlah Nasabah UMKM yang Dilayani

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI (BBRI) telah menyalurkan pinjaman kepada 35,4 juta UMKM dengan cakupan 82 persen kredit yang disalurkan.
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa
Menara Brilian dari Bank BRI./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI (BBRI) mencatatkan secara grup telah menyalurkan pinjaman kepada 35,4 juta UMKM. Jangkauan nasabah UMKM ini mencakup 11 anak usaha perusahaan. 

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, jangkauan kredit UMKM yang disalurkan perusahaan hampir setara 60 persen dari kontribusi keseluruhan terhadap target pemerintah. Dia mengatakan saat ini dari total nasabah ini setara dengan 80 persen kredit yang disalurkan perusahaan.

“Kami tiap tahunnya minimal ada 2 juta UMKM yang tergabung, dengan begitu upaya-upaya pemerintah makin mengaccelerate, mempercepat kapasitas dan kapabilitas UMKM Indonesia,” ujarnya saat ditemui Bisnis dalam Press Conference di Jakarta, Kamis (13/7/2023). 

Sebagai informasi, pada kuartal I/2023, BRI membukukan penyaluran kredit pada segmen usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp989,6 triliun atau mencapai 83,86 persen dari total kredit yang disalurkan BBRI pada kuartal I/2023.

Adapun terkait rinciannya, pertumbuhan kredit BRI tersebut disokong oleh segmen mikro dengan pertumbuhan mencapai 11,18 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). 

Rasio penyaluran kredit terhadap simpanan atau loan to deposit ratio (LDR) kuartal pertama 2023 berada di angka 85,26 persen, angka ini turun dari yang sebelumnya 87,14 persen.

“Kami tak serta merta hanya memberikan pinjaman, kami juga selalu mendampingi dengan mengedukasi soal literasi keuangan. Jadi, pembiayaan dan juga pendampingan ya. Enggak dilepas begitu saja,” ujarnya. 

Selain memberikan pinjaman, perseroan ini juga terus mendukung perlindungan finansial kepada pelaku UMKM dalam hal terjadi risiko yang berhubungan dengan jiwa atau bahkan perekonomian. 

“Salah satu contohnya adalah asuransi mikro dengan premi sebesar Rp50.000. Jika terjadi musibah seperti lapak UMKM yang terbakar, BRI akan mengganti kerugian yang dialami oleh pelaku UMKM tersebut,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper