Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Margin Bunga Bank RI Tinggi, OJK Siapkan Langkah Pengendalian

OJK sedang menyiapkan kebijakan terkait margin bunga bersih atau NIM perbankan Indonesia yang saat ini tertinggi di Asean.
Ilustrasi suku bunga deposito pada Januari 2016./JIBI-Abdullah Azzam
Ilustrasi suku bunga deposito pada Januari 2016./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang mengkaji kebijakan pengendalian margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) perbankan yang masih tinggi dan terus naik. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan kajian tersebut dilakukan untuk mendorong transparansi informasi terkait suku bunga kredit oleh perbankan. 

“Kebijakan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengendalikan NIM perbankan saat ini,” katanya dalam jawaban  tertulis, Sabtu (5/8/2023).

Rasio bunga bersih atau NIM adalah selisih antara suku bunga kredit yang diberikan perbankan dengan suku bunga yang dibayarkan kepada pemilik dana pihak ketiga dalam bentuk simpanan atau pinjaman dana dari pihak lainnya. Semakin besar angka NIM mengindikasikan bahwa potensi keuntungan perbankan dari dana yang disalurkan semakin besar.

Lebih lanjut, Dian mengungkapkan terus mendorong upaya digitalisasi di sektor perbankan, khususnya dalam memperluas jangkauan layanannya kepada masyarakat agar suku bunga kredit menjadi lebih kompetitif melalui mekanisme pasar. 

“Pemanfaatan data yang antara lain dapat bersumber dari Sistem Layanan Informasi Keuangan [SLIK] dan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan [LPIP] sebagai upaya untuk mengurangi asimetris informasi antara bank kepada debitur,” ungkap Dian.

Sebelumnya, kabar soal marjin bunga bersih atau NIM perbankan di Indonesia memang telah tersiar dan sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebelum masuk ke sini tadi saya tanya ke pak ketua [OJK], NIM nya berapa sih? Di jawab oleh Pak Mahendra sebesar 4,4 persen. Tinggi banget, ini mungkin tertinggi di dunia," pungkas Jokowi saat menyampaikan pidato pembukanya dalam acara PTIJK 2023, Senin (6/2/2023).

Melansir dari Statistik Perbankan Indonesia, posisi NIM industri perbankan pada Mei 2023 berada pada level 4,79 persen, naik dibanding periode yang sama tahun lalu yang berada di level 4,67 persen. 

Adapun, di antara negara-negara kawasan Asean, NIM bank RI tersebut terbilang tinggi. Posisinya berada di urutan kedua setelah Kamboja yang NIM-nya mencapai 5,35 persen.

Kondisi NIM Sejumlah Bank

Berdasarkan laporan keuangan semester I/2023 masing-masing bank, sejumlah bank mencatatkan NIM yang tinggi. PT Bank Jago Tbk. (ARTO) misalnya mencapai 10,46 persen pada Juni 2023. Angka ini telah turun dari 10,83 persen pada Juni 2022. 

Tak hanya itu, bank digital besutan kongsi crazy rich Chairul Tanjung, grup Salim, hingga PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA), yakni PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) mencatatkan NIM tinggi sebesar 8,52 persen pada paruh pertama 2023, naik 346 basis poin (bps) dibandingkan dengan periode sama tahun lalu 5,06 persen pada semester I/2022. 

Margin Bunga Bank RI Tinggi, OJK Siapkan Langkah Pengendalian

Karyawan melayani nasabah di kantor cabang PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI) di Jakarta, Senin (6/3/2023). Bisnis/Abdurachman

PT Bank Neo Commerce Tbk. (BYBB) pun melaporkan NIM sebesar dari 10,16 persen pada Juni 2022 menjadi 16,15 persen. Hal yang sama juga berlaku di  PT Bank Amar Indonesia Tbk. atau Amar Bank yang menyebut NIM perbankan berada pada level 17,33 persen, naik 234 bps dari posisi sebelumnya 14,99 persen. 

Bank jumbo pun mengalami kenaikan NIM, meski tak sebesar bank digital. Seperti, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) yang mencatatkan kenaikan NIM 58 basis poin (bps) menjadi ke level 5,56 persen pada Juni 2023.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) pun mencatat NIM sebesar 5,30 persen pada Juni 2023 dari yang awalnya 5,06 persen pada Juni 2023. Lalu, NIM PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) yang mencatat kenaikan menjadi 4,58 persen pada semester I/2023 dari 4,70 persen pada semester I/2022

Tak ketinggalan, PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) yang mencatat margin bunga bersih naik 7 basis poin (bps) ke level 4,61 persen pada Juni 2023 dari level 4,54 persen pada Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper