Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kado HUT Ke-78 RI, BI Uji Coba QRIS di Singapura

Bank Indonesia (BI) mengumumkan uji coba interkoneksi QRIS Indonesia dan Singapura bertepatan dengan HUT Ke-78 RI.
Ilustrasi transaksi QRIS/ilustrasi/Bank Indonesia
Ilustrasi transaksi QRIS/ilustrasi/Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengumumkan uji coba interkoneksi QRIS cross-border antar Indonesia dan Singapura telah berlaku bertepatan dengan HUT Ke-78 RI.

Kepala Departemen Sistem Pembayaran Bank Indonesia Dicky Kartikoyono menyebut ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama pembayaran berbasis kode QR antara Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore yang telah diinisiasi pada 2022.

"Kita optimis pengembangan transaksi digital ini terus meningkat, kita melihat potensi mobilitas masyarakat kita ke Singapura, dan juga kita harapkan sebaliknya mobilitas Singapura ke Bintan, Bali sama baik," ujarnya pada Konferensi Pers QRIS Tuntas, Kamis (17/8/2023).

Meski dirinya tak menyebutkan kapan uji coba ini akan selesai. Akan tetapi, dia membocorkan untuk implementasi secara keseluruhan akan rampung pada 2024.

Bahkan, dia mengatakan saat ini sudah ada sejumlah tahapan yang telah dilakukan dalam penerapan sistem pembayaran lintas negara. Di mana, tahap pertama dilakukan komunikasi antar bank sentral antarnegara membahas skema kerja sama.

Setelahnya, pembahasan berlanjut di tingkat Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) ataupun lembaga switching

“Dari teknis hingga yuridisnya harus diselesaikan, lalu ada uji coba dulu untuk memastikan semuanya aman dan andal. Setelah itu baru implementasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Santoso Liem mengatakan seirimh dengan perluasan inisiatif ink, penggunaan local currecy settlement/LCS (penyelesaian transaksi demhan mata uang lokal kian terlaksama.

"Kalau dulu, datang ke Thailand, Malaysia, itu kita harus convert ke dolar AS, baru ke rupiah. Nah, harapannya dengan Singapura enggak perlu lagi ke dolar AS tapi settlement dari dua mata uang saja, tidak perlu convert," katanya.

Saat ini, menurutnya konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia dan Singapura akan dapat memfasilitasi perdagangan antarnegara secara lebih efisien, khususnya bagi UMKM, serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Uji coba ini akan melibatkan ASPI, Network for Electronic Transfers – Singapore (NETS), dan perwakilan penyelenggara jasa sistem pembayaran. 

QRIS antarnegara ini tentunya akan memudahkan masyarakat Indonesia yang hendak bepergian ke Singapura untuk bertransaksi hanya dengan QRIS, tanpa perlu menukarkan uang tunai ke mata uang negara tujuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper