Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisa Digunakan Tarik Tunai dan Transfer, BI Jamin Keamanan QRIS

Bank Indonesia (BI) menjamin keamanan transaksi usai menyulap QRIS yang kini bisa dipakai untuk transfer, tarik tunai, serta setor tunai.
Bisa Digunakan Tarik Tunai dan Transfer, BI Jamin Keamanan QRIS Bisnis/Arief Hermawan P
Bisa Digunakan Tarik Tunai dan Transfer, BI Jamin Keamanan QRIS Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menjamin keamanan transaksi usai menyulap QRIS menjadi tak sekadar untuk transaksi pembayaran saja, namun juga dapat dipakai untuk transfer, tarik tunai, serta setor tunai.

Kepala Departemen Sistem Pembayaran Bank Indonesia Dicky Kartikoyono mengklaim dengan hadirnya fitur QRIS Tuntas ini, pihaknya bakal mengembangkan keamanan berupa customer presented mode, yakni transaksi dilakukan secara pull payment, di mana merchant melalui acquirer menagihkan pembayaran ke akun nasabah.

“Jadi, di sini nasabah akan menghasilkan kode QR yang kemudian akan dipindai oleh mesin merchant,” ujarnya pada Bisnis, Kamis (17/8/2023). 

Dengan cara ini, menurutnya potensi penipuan atau kecurangan dapat diminimalkan, karena mesin merchant akan memvalidasi kode QR yang dihasilkan oleh nasabah sebelum melanjutkan transaksi.

Lebih lanjut, Dicky menyebut dalam hal keamanan, terdapat perbedaan antara metode pembayaran yang umumnya dikenal oleh masyarakat saat ini, yakni static QR code dengan yang digunakan untuk QRIS Tuntas, yaitu dynamic QR Code.

Sebagai informasi, dari cara membuatnya ada dua jenis QR Code yang dikeluarkan BI. 

Pertama, Static QR Code yang berisi merchant ID & bersifat tetap, ditampilkan dalam stiker atau print-out, di mana QR akan di-generate satu kali. Serta, nominal transaksi diinput oleh pengguna pada gawainya. 

Kedua adalah Dynamic QR Code. Adapun, QR Code dibuat secara real time pada saat transaksi. Dengan demikian, QR Code akan berbeda untuk setiap transaksi. Begitu pula sebaliknya ketika nominal transaksi diinput oleh merchant

Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Santoso Liem juga  menjelaskan lebih lanjut tentang fitur QRIS Tuntas, di mana dalam sistem dynamic QR Code, setiap kode QR yang dihasilkan memiliki masa berlaku atau batas waktu tertentu. 

“Jadi yang dynamic ini, sekian menit akan expired dan mesti ganti QR, tidak. Setelah masa berlaku tersebut habis, kode QR tersebut akan kedaluwarsa dan tidak bisa lagi digunakan untuk melakukan transaksi,” katanya. 

Dia pun menuturkan, QRIS Tuntas menawarkan keunggulan dalam hal kecepatan dan efisiensi, yakni dana yang dikirimkan segera tersedia dan diterima oleh penerima dalam waktu yang lebih singkat, bahkan hampir instan. 

“Kalau QRIS pembayaran [biasa] next day settlement, baru terima rupiahnya. Sementara, QRIS Tuntas langsung efektif,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang terpisah, Senior Vice President Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan  pun menilai positif, inovasi yang dibuat BI. Bahkan, dia menyebutkan hal ini dapat mendorong inklusi keuangan secara luas dengan biaya yang efisien.

“Adanya fitur baru QRIS berupa QRIS Tuntas dengan harga yang murah, yakni Rp2.500, di mana pengembangannya bukan hanya untuk pembayaran tapi juga bisa tarik dan setor tunai di mesin atm dan dapat menjangkau sampai daerah terpencil dan tujuan dari QRIS tuntas untuk mendukung inklusi keuangan sampai ke pelosok daerah,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (17/8/2023). 

Saat disinggung soal keamanan pun, menurut Trioksa sebagai regulator, BI harus gencar melakukan edukasi ke masyarakat terutama di daerah agar memahami fungsi dan sistem keamanan QRIS.

“Biasanya sesuatu yang lebih mudah dan praktis dalam penggunaannya akan mudah juga ditembus keamanannya sehingga BI dan Perbankan perlu melakukan edukasi mengenai keamanan QRIS,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper