Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Bank Bangkit Lagi, Kuat hingga Akhir Tahun?

Pertumbuhan kredit pada Juli 2023 kembali naik, lebih tinggi ketimbang Juni 2023. Apakah peningkatan ini mampu bertahan hingga akhir tahun?
Ilustrasi bank. /Freepik
Ilustrasi bank. /Freepik

Adapun, pada Juni tahun ini OJK menyampaikan sejumlah bank telah mengajukan revisi rencana bisnis bank (RBB) seiring dengan kredit pada April 2023 yang melandai.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan seiring dengan melandainya kredit pada April 2023, sejumlah bank merevisi rencana bisnis bank (RBB). 

"Kita sudah menerima beberapa bank yang melakukan penyesuaian proyeksi pertumbuhan kredit," kata Dian dalam rapat dewan komisioner (RDK) OJK pada Selasa (6/6/2023). 

Meski begitu, rata-rata bank masih tetap optimistis secara agregat kredit bisa tumbuh sekitar 10 persen pada 2023. "Optimisme itu antara lain didorong perekonomian domestik yang mulai pulih pasca pandemi, persiapan pemilu 2024 yang pada umumnya akan mendorong konsumsi masyarakat, serta permintaan pada jenis kredit lain," katanya.

Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) Lani Darmawan mengatakan meskipun terjadi tren pelambatan penyaluran kredit pada awal tahun, tetapi CIMB Niaga masih optimistis permintaan kredit akan tumbuh pesat pada keseluruhan tahun ini. "Kami melihat animo masih tetap sama," katanya.

Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (BJBR) Yuddy Renaldi juga mengatakan bank, khususnya bank pembangunan daerah (BPD) seperti Bank BJB masih melihat pertumbuhan kredit pada sisa tahun ini yang moncer. 

"Pada tahun ini saya lihat BPD akan melanjutkan pertumbuhannya, sejalan dengan pulihnya ekonomi juga konsumsi masyarakat yg sudah kembali normal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper