Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Berlomba Racik Layanan Istimewa, Jaga Loyalitas Nasabah

Bank-bank berupaya memberikan pengalaman yang luar biasa kepada nasabah memiliki peluang yang lebih besar untuk mempertahankan dan menarik nasabah baru.
Ilustrasi bank. /Freepik
Ilustrasi bank. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah persaingan ketat dalam industri perbankan nasional, pengalaman nasabah yang istimewa menjadi salah satu faktor utama untuk diferensiasi.

Bank-bank dari kelas kakap hingga kecil pun ikut berupaya memberikan pengalaman yang luar biasa kepada nasabah memiliki peluang yang lebih besar untuk mempertahankan dan menarik nasabah baru.

Pasalnya, nasabah bukan hanya pelanggan, tetapi juga mitra penting dalam keberhasilan perbankan. Tingkat kepuasan nasabah, aktivitas, dan kolaborasi dengan bank dapat secara langsung memengaruhi kinerja dan kesuksesan perbankan.

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) misalnya, yang memilih untuk memperkuat dan memperbarui layanan digital sebagai bagian program customer centricity dengan mengedepankan langkah-langkah perlindungan nasabah (customer protection).

Pasalnya, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan nasabah selalu menjadi prioritas utama. Berkat kepercayaan nasabah, CIMB Niaga dapat menghasilkan kinerja yang positif. Per 30 Juni 2023, total aset konsolidasian CIMB Niaga mencapai Rp329,7 triliun. 

“Jadi, kalau dilihat dari jumlah customer total kita itu ada tujuh jutam dan 78 persen usinya milenial. Setiap tahun kita survei, nah milenial itu kerap menggunakan mobile application. Jadi, kita terus melakukan upgrade pada OCTO Mobile,” katanya di Kantor Cabang Graha CIMB Niaga Jakarta, Senin (4/9/2023).

Seiring dengan  Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2023 CIMB  pun menggelar beragam aktivitas dan promo, baik di sejumlah Kantor Cabang dan Digital Lounge.

Selain itu, CIMB Niaga juga memberikan token of appreciation kepada nasabah yang bertransaksi di 84 kantor cabang dan Digital Lounge terpilih, serta menyediakan beragam program untuk nasabah, mulai dari pembukaan rekening, hingga diskon kartu kredit. 

Serupa dengan CIMB Niaga, PT Bank Ina Perdana Tbk. (BINA) pun memberikan pelayanan khusus kepada seluruh nasabah seiring dengan perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2023. 

Direktur Utama Bank Ina Henry Koenaifi menjelaskan tahun ini manajemen mengajak seluruh nasabah untuk dapat menggunakan layanan aplikasi INA Mobile. Pasalnya, fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut memiliki berbagai keunggulan dan dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi untuk keperluan sehari-hari. 

“Dalam aplikasi tersebut, nantinya nasabah dapat melakukan transaksi untuk bayar tagihan seperti PLN, PDAM, BPJS maupun KAI. Tidak hanya itu, lewat aplikasi INA Mobile nasabah juga dapat melakukan top-up e-wallet, pembelian pulsa, pembukaan deposito secara online, dan tentunya nasabah bisa dapat cashback 50 persen dengan menggunakan QRIS INA Mobile. Bagi nasabah yang ingin transfer antar-bank melalui INA Mobile, akan GRATIS dengan menggunakan BI-FAST," katanya.

Tak hanya CIMB Niaga dan Bank Ina, nyatanya Bank Commonwealth turut mengekor, di mana Hari Pelanggan Nasional ini dijadikan sebagai salah satu momentum dalam mengenalkan beragam produk dan layanan bagi nasabah di semua touchpoint perbankan tradisional maupun digital.

“[Kami mengombinasikan] antara lain walk-in channel, customer service, teller, social media, email service, aplikasi investasi [CommBank SmartWealth], convenient branch experience, dan internet banking,” ujar Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati dalam keterangan resmi, Senin (4/9/2023)

Menurutnya, kini dengan fokus pada nasabah ritel dan usaha kecil dan menengah (UKM), Bank Commonwealth akan melanjutkan inovasi dalam rangkaian produk dan layanan, yang meliputi pinjaman dengan agunan, bancassurance, CASA, dan produk-produk investasi, di samping terus mengembangkan dan meningkatkan produk dan saluran digital demi memenuhi kebutuhan nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper