Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Suku Bunga Deposito BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri

Suku bunga deposito di bank jumbo seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) hingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) masih meningkat.
Logo empat bank jumbo di Indonesia: BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri.
Logo empat bank jumbo di Indonesia: BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri.

Bisnis.com, JAKARTA - Suku bunga deposito di bank jumbo seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) hingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) masih mencatatkan peningkatan meski laju suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) telah tertahan delapan bulan beruntun.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan BCA sendiri telah menyesuaikan suku bunga deposito rupiah sebanyak tiga kali secara bertahap sejak Januari 2023.

"Secara keseluruhan, saat ini suku bunga deposito rupiah bervariasi di kisaran 2 persen hingga 4 persen sesuai dengan tenor yang diambil," kata Hera kepada Bisnis pada Jumat (22/9/2023).

Sementara Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengatakan BRI secara periodik melakukan review suku bunga secara berkala.

"Khusus untuk suku bunga deposito, sepanjang 2023 ini BRI telah melakukan penyesuaian bervariasi antara 25-125 bps untuk deposito rupiah ataupun valas [valuta asing]," katanya kepada Bisnis pada Jumat (22/9/2023).

BI telah kembali menahan suku bunga acuannya di level 5,75 persen pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode 20-21 September 2023. Dengan keputusan itu maka laju suku bunga acuan BI telah tertahan di level 5,75 persen dalam delapan bulan beruntun. 

Sebelumnya, suku bunga acuan BI telah mengalami tren peningkatan sebanyak 225 basis poin (bpe) sejak pertengahan 2022 hingga awal tahun ini.

Saat suku bunga acuan BI terus tertahan, suku bunga deposito bank masih terkerek naik. Berdasarkan data BI, suku bunga deposito 1 bulan pada Agustus 2023 berada di level 4,23 persen, naik 5 bps dibandingkan bulan sebelumnya atau Juli 2023 di level 4,18 persen.

Sementara sepanjang tahun berjalan atau secara year to date (ytd) suku bunga deposito 1 bulan itu naik 26 bps.

Suku bunga deposito rupiah bank-bank jumbo

BCA

Mengacu data dari laman resmi BCA, per 16 Agustus 2023, suku bunga deposito rupiah yang diterapkan BCA paling rendah di level 2 persen, yakni pada jangka waktu 12 bulan. Adapun, suku bunga deposito rupiah tertinggi adalah 4 persen pada jangka waktu 3 bulan.

BRI 

BRI menerapkan tingkat suku bunga deposito rupiah terendah di level 2,25 persen yakni pada jangka waktu 1 bulan mengacu laman resminya. Lalu, suku bunga deposito rupiah tertinggi di BRI sebesar 3 persen pada jangka waktu 12 bulan. 

Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menerapkan suku bunga deposito rupiah terendah 2,25 persen pada jangka waktu 1 bulan. Kemudian, suku bunga deposito rupiah tertinggi yakni 2,50 persen pada jangka waktu 12 bulan.

BNI

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) menerapkan suku bunga deposito rupiah terendah pada level 2,5 persen untuk jangka 3 bulan. BNI juga menerapkan suku bunga deposito rupiah di level 2,75 persen untuk jangka waktu 6 bulan. Lalu, suku bunga deposito tertinggi di level 3 persen untuk jangka waktu 12 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper