Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Nasabah AdaKami Pinjam Rp6,6 Juta, Total Tagihan Dua Kali Lipat

Nasabah pinjol Adakami di Yogyakarta mengharap masyarakat untuk memikirkan ulang rencana pinjaman di perusahaan keuangan berbasis teknologi.
Ilustrasi Pinjol AdaKami mendapat sertifikat ISO 27001: 2023 soal keamanan data./ AdaKami.com
Ilustrasi Pinjol AdaKami mendapat sertifikat ISO 27001: 2023 soal keamanan data./ AdaKami.com

Bisnis.com, JAKARTA— R (61) tak pernah menyangka dirinya akan terlilit utang pinjaman online (pinjol). Pria asal Yogyakarta yang merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah menunggak pinjaman dari perusahaan online. 

R mengaku awalnya ragu-ragu untuk mengunduh aplikasi pinjol atau fintech peer to peer (P2P) lending milik PT Pembiayaan Digital Indonesia, AdaKami. Berhasil mengunduh, dia urung mengajukan pinjaman karena masih ragu. Dua hari berselang, R pun mendapatkan panggilan dari customer service (CS) AdaKami. 

“Saya diitelpon CS namanya Arneta,” kata R kepada Bisnis, Selasa (10/10/2023). 

Setelah mendapatkan dorongan dari panggilan tersebut, R pun mengajukan pinjaman sebanyak Rp6,6 juta. Cicilan pertama yang harus dibayarkan mencapai Rp1,93 juta. Kondisi menunggak, dia kemudian harus diminta membayar hampir dua kali lipatnya yakni Rp11,58 juta. 

Dia mengaku menggunakan pinjaman tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Sebagai pensiunan, R mengaku biasanya mencari tambahan penghasilan dari bekerja menjadi mediator untuk orang yang ingin mencari tanah, tetapi belakangan ini sepi. 

Atas tunggakan ini, dia pun mengaku tetap ingin membayar utangnya tersebut. Namun dia berharap masyarakat bisa lebih berhati-hati sebelum melakukan pinjaman. Dengan demikian, tidak terjerat utang pinjol yang menunggak. 

“Pada intinya saya punya pinjaman mau saya lunasi. Enggak banyak juga, tapi kasihan juga yang besar-besar. Sama tadi itu biaya lainnya kok ada tiap pembayaran, enggak hanya diawal,” ungkapnya. 

R mengatakan dirinya sudah mencoba menyurati Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) untuk menceritakan pengalaman yang dialaminya itu. Namun belum mendapatkan respon dari asosiasi yang menaungi AdaKami itu. 

Dia juga bersurat kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait dugaan pengaturan bunga pinjol oleh AFPI.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama AdaKami Bernardino M. Vega mengatakan panggilan CS setelah nasabah masuk ke sistem memang sudah sesuai prosedur perusahaan. Namun CS tidak diperkenankan untuk memaksa calon nasabah melakukan pinjaman, lantaran sifatnya hanya penawaran karena telah mendaftar.  

“Kalau tidak berkenan sebaiknya ditolak saja, enggak apa-apa,” kata Dino saat dikonfirmasi Bisnis, Rabu (11/10/2023). 

Dino juga menyarankan calon nasabah untuk tidak melakukan pinjaman apabila merasa bunga yang ditawarkan tinggi. “Itu hak pelanggan,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Entjik S. Djafar mengatakan pihaknya akan memproses surat yang dikirimkan oleh nasabah tersebut. 

“Akan kami proses investigasi,” katanya saat dihubungi, Selasa (10/10/2023). 

Entjik juga mengatakan pihaknya akan membicarakan masalah terkait dengan bunga kepada AdaKami. Menurutnya apabila nasabah keberatan dengan bunga yang diajukan seharusnya dapat didiskusikan sengan platform yang bersangkutan.

AdaKami memang telah menjadi sorotan beberapa belakangan ini. Hal tersebut lantaran viral kasus dugaan nasabah yang bunuh diri lantaran kena teror Desk Collection (DC). Namun pihak AdaKami mengaku tak mendapatkan informasi pasti terkait dengan korban yang dimaksud, meskipun sudah melakukan investigasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper