Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Praktis! Begini Cara Bayar pakai QRIS BCA di Singapura

Salah satu aplikasi yang digunakan untuk transaksi QRIS di Singapura adalah melalui BCA Mobile, berikut cara pakainya.
Aplikasi BCA mobile/Bisnis-Rika Anggraeni
Aplikasi BCA mobile/Bisnis-Rika Anggraeni

Bisnis.com, JAKARTA - Pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) kini dapat digunakan di Singapura mulai Jumat (17/11/2023). Salah satu aplikasi yang digunakan adalah QRIS melalui BCA Mobile, berikut cara pakainya.

Sebagai informasi, QRIS dapat digunakan di Singapura setelah Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran QR antarnegara antara Indonesia dan Singapura.

Peluncuran kerja sama interkoneksi pembayaran QR antarnegara dilakukan bersama oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Managing Director MAS Ravi Menon, dengan melakukan simulasi pembayaran QR antarnegara secara langsung di Singapore FinTech Festival 2023.

Implementasi ini memungkinkan pengguna atau nasabah dari lembaga keuangan melakukan pembayaran ritel antarnegara dengan menggunakan aplikasi pembayaran yang dimiliki, dengan cara memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS) yang ditampilkan oleh merchant di Indonesia atau Singapura.

“Interkoneksi pembayaran QR lintas batas antara Indonesia dan Singapura akan mendorong pembayaran antarnegara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, khususnya bagi UMKM,” kata Perry melalui keterangan resmi, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut, imbuh Perry, terhubungnya pembayaran QR QRIS-NETS tersebut terwujud melalui kolaborasi industri yang kuat dengan dukungan dari BI dan MAS, serta didukung kerja sama yang erat dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), RAJA (Rintis, Artajasa, Jalin, dan Alto), NETS, dan lembaga keuangan yang berpartisipasi.

Adapun, bagi nasabah BCA, pembayaran melalui QRIS di Singapura dapat dilakukan via BCA Mobile. Berikut caranya:

  1. Buka BCA mobile lalu pilih menu 'QRIS'
  2. Scan QR yang diberikan oleh merchant.
  3. Masukkan atau cek nominal yang harus dibayarkan.
  4. Konfirmasi nominal yang akan dibayarkan.
  5. Masukkan PIN.
  6. Transaksi berhasil.

Dalam informasi yang disampaikan oleh admin akun Instagram resmi BCA @goodlifebca, saat ini transaksi QRIS di Singapura baru dapat diakses melalui BCA mobile dan belum bisa melalui fasilitas myBCA mobile.

Namun, transaksi QRIS Cross Border yang bisa diakses melalui m-BCA bisa dilakukan tidak hanya di Singapura, tetapi juga di Thailand dan Malaysia. "Kamu bisa menggunakan salah satu atau keduanya sesuai kebutuhan kamu," tulis admin @goodlifebca dalam kolom komentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper