Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Racikan BRI Finance untuk Memperkuat SDM

BRI Finance meracik sejumlah strategi dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM).
Logo BRI Finance./Bisnis.com
Logo BRI Finance./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) meracik sejumlah strategi dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di tengah gempuran digitalisasi.

Direktur Manajemen Risiko BRI Finance Ari Prayuwana mengatakan era digitalisasi memberikan tantangan dan peluang besar di sektor pembiayaan.

Menurutnya, SDM berkualitas perlu dipersiapkan agar mampu bertransformasi dan agile dalam menghadapi berbagai kondisi dan tantangan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan mindset pembelajar di seluruh pekerja.

Ari menuturkan BRI Finance telah menyiapkan sederet langkah untuk membentuk SDM yang agile dan adaptif, di antaranya melalui pemberian berbagai program pendidikan dan pengembangan kompetensi yang sistematis, baik melalui on the job learningcoaching, maupun pendidikan formal.

Selain itu, perusahaan juga menyediakan fasilitas yang mendukung pengembangan SDM yang harus memadai bagi pekerja. Dalam hal ini, pekerja dapat mengakses materi pembelajaran kapan saja melalui platform e-learning.

“BRI Finance juga secara proaktif memberikan penugasan kepada pekerja dalam konteks pengembangan kompetensi, serta mendorong tumbuhnya inovasi dari pekerja dengan memberikan otonomi yang cukup dalam pengembangan proses bisnis di masing-masing fungsi,” kata Ari dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12/2023).

Selanjutnya, untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan SDM, Ari menuturkan bahwa BRI Finance menjalankan beberapa poin strategi pengelolaan SDM.

Pertama, penyusunan pola pengembangan karier pekerja yang atraktif. Pada strategi ini, perusahaan menyiapkan kebijakan pengelolaan karier yang dapat memberikan kesempatan yang besar kepada top performer untuk mendapatkan akselerasi pengembangan karier ke level yang lebih tinggi.

Strategi kedua, pemberian reward yang kompetitif. Ketiga, program pengembangan kompetensi yang sistematis.

“Kami memberi kesempatan yang luas bagi pekerja dalam rangka pengembangan individu sejalan dengan strategi pertumbuhan berkelanjutan dari perseroan,” imbuhnya.

Di samping itu, Ari menambahkan bahwa BRI Finance memberikan kesempatan yang luas bagi karyawan untuk mendapatkan berbagai program pengembangan kompetensi dalam rangka pengembangan individu, sejalan dengan strategi pertumbuhan BRI Finance ke depan.

"Pengembangan SDM BRI Finance juga terus dilakukan melalui internalisasi core values perusahaan,” ungkapnya.

Ari menjelaskan bahwa upaya strategis tersebut dilaksanakan agar perusahaan mampu menjawab tantangan besar di bidang SDM di era disrupsi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper