Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Sumedang Bikin Terowongan Cisumdawu Retak, Ini Respons Bos Maipark

Perusahaan reasuransi Maipark Indonesia akhirnya buka suara soal dampak gempa terhadap terowongan Cisumdawu.
Petugas tengah membersihkan dan memeriksa rambu di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).  Bisnis/Rachman
Petugas tengah membersihkan dan memeriksa rambu di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan reasuransi dengan spesialisasi gempa, PT Reasuransi Maipark Indonesia atau Maipark Indonesia menyatakan bahwa perusahaan belum menerima laporan klaim akibat gempa bumi di terowongan kembar di Tol Cisumdawu Minggu (31/12/2023).

Pasalnya, gempa bumi berkekuatan 4,8 magnitudo yang mengguncang wilayah Sumedang, Jawa Barat pada Minggu (31/12/2023) malam pukul 20.34 WIB itu menyebabkan terowongan kembar di Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) mengalami keretakan.

“Untuk [asuransi] CECR [Civil Engineering Completed Risk] terowongan, saya tidak tahu karena tidak semua penutupan ada sesinya di Maipark. Untuk saat ini belum ada laporan klaim akibat gempa [di terowongan Cisumdawu] kemarin,” ujar Direktur Utama Maipark Indonesia Kocu Andre Hutagalung kepada Bisnis, Selasa (2/1/2024).

Sebelumnya, pada Minggu (31/12/2023), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya Sumedang diguncang tiga kali gempa bumi.

Perinciannya, berkekuatan 4,1 magnitudo pada pukul 14.35 WIB, 3,4 magnitudo pada 15.38, dan 4,8 magnitudo pada 20.34 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan gempa tektonik yang mengguncang wilayah selatan Garut—Tasikmalaya, Jawa Barat disebabkan subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper