Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri (BMRI) Gelar RUPST Hari Ini, Simak Proyeksi Dividen dan Agenda Lengkapnya

Bank Mandiri (BMRI) bakal menggelar RUPST hari ini. Simak proyeksi dividen dan agenda lengkap RUPST Bank Mandiri.
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian
Gedung kantor pusat Bank Mandiri. /Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA -- Saat ini para investor sedang menanti pengumuman dividen emiten bank BUMN. Tercatat, sudah ada tiga Himbara yaitu BRI, BNI, dan BTN yang telah mengumumkan besaran dividen. Bank Mandiri (BMRI) bakal menjadi bank BUMN yang paling akhir dalam melaksanakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST).

Di antara mata acara RUPST adalah pengumuman penggunaan laba, termasuk untuk tebaran dividen serta perubahan jajaran pengurus.

Terkait dengan tebaran dividen, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo mengatakan terkait dividend payout ratio tahun buku 2023 bakal menjadi kewenangan pemegang saham mayoritas. 

“Namun, sejak empat tahun terakhir, BMRI membagikan dividend payout ratio sebesar 60% dari laba,” ujarnya pada Bisnis, Senin (15/1/2024).

Berkaca pada tahun lalu, Bank Mandiri menetapkan pembagian dividen tunai sebesar Rp24,7 triliun atau 60% dari total laba bersih perseroan tahun buku 2022. Investor mendapatkan pembagian keuntungan senilai Rp529,34 per saham. 

Apabila ditarik lima tahun ke belakang, BMRI menerapkan rasio dividen yang relatif tidak berubah di angka 60%. Adapun, BMRI meraup laba bersih sebesar Rp55,06 triliun pada 2023, naik 33,73% secara tahunan.

Dalam agenda RUPST itu, Bank Mandiri juga akan membahas mengenai perombakan pengurus dan mengukuhkan pengakhiran jabatan direktur manajemen risikonya Ahmad Siddik Badruddin yang pindah ke PT Pertamina (Persero).

"Pengukuhan pengakhiran masa jabatan Bapak Ahmad Siddik Badruddin sebagai anggota Direksi perseroan akan dilakukan pada RUPS perseroan terdekat, yaitu pada RUPST tanggal 7 Maret 2024," tulis Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman di keterbukaan informasi pada awal bulan ini (1/2/2024).

Siddik pindah ke Pertamina pada 31 Januari 2024. Adapun, mengacu ketentuan Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Menteri BUMN No. PER-3/MBU/03/2023 tentang Organ dan Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara, jabatan Siddik sebagai Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri dinyatakan berakhir terhitung sejak terjadinya rangkap jabatan pada 31 Januari 2024.

Adapun, berikut agenda lengkap RUPST Bank Mandiri yang akan digelar pada hari ini:

  1. Persetujuan Laporan Tahunan dan Pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan, Persetujuan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris serta Pengesahan Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK) untuk Tahun Buku 2023, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi atas tindakan pengurusan Perseroan dan Dewan Komisaris atas tindakan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2023.
  2. Persetujuan Penggunaan Laba Bersih Perseroan untuk Tahun Buku 2023.
  3. Penetapan Remunerasi (Gaji/Honorarium, Fasilitas, dan Tunjangan) Tahun 2024 dan Tantiem Tahun Buku 2023 bagi Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.
  4. Penetapan Akuntan Publik (AP) dan/atau Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk Mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasi Perseroan dan Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK) untuk Tahun Buku 2024.
  5. Pelaporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank Mandiri Tahap I Tahun 2023.
  6. Persetujuan atas pengkinian Rencana Aksi (Recovery Plan) Perseroan.
  7. Persetujuan atas Perubahan Anggaran Dasar Perseroan.
  8. Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper