Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia (BI) Cari Ahli AI untuk Penguatan Sistem Keuangan Lewat Hackathon 2024

BI menggelar kompetisi yang mengusung tema 'Artificial Intelligence & Machine Learning for Digital Economy and Finance in Indonesia'.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo  memenuhi panggilan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri rapat terbatas terkait dengan situasi global akibat konflik Iran-Israel di Istana Negara, Selasa (16/4/2024). JIBI/Akbar Evandio
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memenuhi panggilan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri rapat terbatas terkait dengan situasi global akibat konflik Iran-Israel di Istana Negara, Selasa (16/4/2024). JIBI/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menggelar kompetisi untuk mendorong para individu dan korporasi untuk menyampaikan ide-ide baru dalam memecahkan permasalahan lanskap ekonomi dan keuangan digital lewat Hackathon BI 2024. 

Hackathon BI 2024 merupakan  kompetisi yang mengusung tema 'Artificial Intelligence & Machine Learning for Digital Economy and Finance in Indonesia' sebagai respons dinamika digitalisasi yang semakin masif dan menempatkan teknologi terkini berbasis artificial intelligence atau machine learning (AI/ML). 

Adapun, Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan bahwa ini merupakan kali pertamanya bank sentral Tanah Air mengadakan kompetisi Hackathon BI 2024. 

“Hacktathon Bank Indonesia 2024 yang merupakan kompetisi untuk mencari solusi inovatif dalam mendukung penguatan ekosistem, ekonomi dan keuangan digital nasional,” jelasnya pada Senin (29/4/2024). 

Adapun, Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Dicky Kartikoyono menuturkan bahwa pihaknya melihat isu yang paling penting adalah mencapai keseimbangan yang tepat antara inovasi dan mitigasi risiko.

“Kita tentu akan terus berusaha mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. Dalam lomba kita ini adalah teknologi artificial intelligence dan machine learning untuk memperkuat keseluruhan ekosistem yang dapat memitigasi risiko dari berbagai hal-hal yang kurang pas atau merugikan bagi masyarakat,” terangnya. 

Dicky menuturkan bahwa terdapat tiga nilai tambah yang akan menjadi kunci dalam keberhasilan penyelenggaraan hackathon yang bersifat kolaboratif. 

Pertama, merupakan collaborative innovation dan berfokus pada pemecahan masalah. Pihaknya berharap peserta dapat bekerja berkolaboratif dalam ruang waktu yang terbatas, dan mendorong kreativitas serta pemikiran yang diluar perkiraan dalam memecahkan masalah. 

Kedua, adalah networking dan pengembangan prototype. Hackathon ini merupakan titik temu individu yang berlatar belakang profesional sistem keuangan, sistem pembayaran, dan industri keuangan untuk membangun jejaring antar peserta dan otoritas, serta mendorong pembengangan prototype yang dapat diujicobakan sebagai solusi inovatif yang nyaa. 

Ketiga adalah innovator scouting, dimana pihaknya berharap para peserta dapat menunjukan kemampuan terbaiknya dalam periode kompetisi, yang juga didukung dengan mendapatkan kesempatan mentoring. 

“Di sini kita punya lima orang juri, assesor, dan juga sekaligus mentor,” jelasnya. 

Mengutip laman resmi BI pada Senin (29/4) pendaftaran dan pengiriman proposal kompetisi akan dibuka mulai 29 April - 6 Juni 2024. Pendaftaran juga dapat dilakukan lewat https://hackathon.fekdi.co.id/ 

Lewat acara ini, para peserta dapat memiliki kesempatan untuk menyampaikan ide-ide inovatif dan bersinergi dengan para pelaku industri, akademisi dan pemangku kepentingan. Peserta juga dapat terlibat dalam pengembangan inovasi di industri keuangan dan mendapat total hadiah senilai Rp500.000.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper