Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Tunggu Pengajuan Proposal Akuisisi 40% Saham Bank Nobu oleh Hanwha Life

OJK menyatakan dalam posisi menunggu pengajuan resmi proposal akuisisi 40% saham Bank Nobu oleh Hanwha Life.
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae/OJK
Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae/OJK

Bisnis.com, JAKARTA -- Hanwha Life dan Lippo Group, selaku pemilik PT Bank Nationalnobu Tbk. (NOBU) atau Bank Nobu, telah menandatangani perjanjian pembelian saham sebesar 40%. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun menunggu pengajuan proposal resmi akuisisi saham tersebut.

Dilansir dari The Korea Times, kedua pihak melakukan penandatanganan stock purchase agreement/SPA pada 3 Mei 2024 di Jakarta.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan proses akuisisi saham Bank Nobu oleh Hanwha Life saat ini masih dalam tahap bilateral. Alhasil, prosesnya masih panjang.

Menurutnya, saat Hanwha Life memproses komitmennya, langkah tersebut juga untuk memenuhi proses tata kelola perusahaan yang berlaku di Korea Selatan. Maka, diperlukan persetujuan executive board dan setelah itu diumumkan ke publik.

"Tentunya masih perlu waktu lagi untuk proses berikutnya, penandatangan conditional agreement dengan Bank Nobu karena masih perlu beberapa proses internal dan due diligence," ujar Dian kepada Bisnis pada Selasa (7/5/2024).

Setelahnya, terdapat proses persetujuan dari otoritas di Korea Selatan dan persetujuan OJK di Indonesia. "Jika proposal sudah siap, akan dilanjutkan dengan proses persetujuan OJK. Jadi, kami dalam posisi menunggu proposal resmi diajukan ke OJK," ujar Dian.

Ke depan pun, apabila proses akuisisi berjalan, maka akan ada komunikasi antar otoritas di Korea Selatan dengan OJK.

Adapun, dilansir dari The Korea Times pada Senin (6/5/2024), Hanwha Life mengakuisisi Bank Nobu bertujuan untuk tumbuh lebih jauh menjadi pemain keuangan global yang besar.

Hanwha Life akan memaksimalkan sinergi dengan mengintegrasikan kemampuan digital Hanwha dengan keahlian manajemen Lippo Group di bisnis perbankan.

Sebelumnya, Hanwha Life juga telah bersinergi dengan Lippo Group, di mana Hanwha mengakuisisi 62,6% saham Lippo General Insurance pada Maret tahun lalu.

Langkah tersebut diikuti oleh akuisisi lainnya oleh Hanwha Investment & Securities, yakni pengambil alihan saham di Ciptadana Securities dan Ciptadana Asset Management Indonesia.

Bisnis telah meminta tanggapan kepada Bank Nobu terkait berita tersebut. Namun, hingga berita ini dirilis, belum terdapat respons dari Bank Nobu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper