Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sokongan Ekosistem E-Commerce ke Bisnis Bank Digital Seabank, Jago, dan Allo Bank

Simak siasat bank-bank digital, seperti Seabank, Jago (ARTO), dan Allo Bank (BBHI) dalam memanfaatkan ekosistem e-commerce.
Ilustrasi bank digital./ Dok Freepik
Ilustrasi bank digital./ Dok Freepik

Kinerja Cuan

Ahli pemasaran sekaligus Wakil Rektor I Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Agus W. Soehadi mengatakan persaingan bisnis bank digital memang ketat. Alhasil, ekosistem pun mesti menjadi andalan. 

Bank-bank digital mesti berkompetisi dengan menghadirkan ekosistem layanan dan produk yang lengkap demi memenuhi kebutuhan setiap segmen konsumen. 

Cara ini terbukti menarik minat konsumen, sebab aplikasi bank digital akhirnya bisa memberikan layanan menyeluruh, mulai dari layanan reguler seperti rekening tabungan, pembayaran digital, maupun pembiayaan.

“Beberapa bank juga sudah mengintegrasikan produk investasi dan dompet digital, sehingga nasabah mendapatkan pengalaman lengkap," ujarnya.

Ke depannya, inovasi perbankan digital juga perlu diarahkan kepada layanan dan produk yang lebih terpersonalisasi. Dengan begitu, nasabah akan merasa bank sangat memahami kebutuhan mereka. “Hal ini yang membuat nasabah akan loyal," ujarnya. Ekosistem ini pun menjadi cara agar bank digital bisa meraup kinerja moncer. 

Adapun, sejumlah bank digital yang mengandalkan ekosistem e-commerce ini pun telah mencatatkan kinerja moncer, setidaknya pada kuartal I/2024.

Bank Jago misalnya meraup laba bersih Rp21,71 miliar pada kuartal I/2024, naik 24,01% secara tahunan (year on year/yoy) dari periode sebelumnya Rp17,5 miliar.

Allo Bank meraup laba bersih Rp111,48 miliar pada kuartal I/2024, naik 23,19% yoy dibandingkan laba bersih pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp90,49 miliar.

Seabank belum melaporkan kinerja keuangannya pada kuartal I/2024, namun mengacu laporan bulanan, Seabank telah meraup laba Rp34,07 miliar pada Februari 2024. Laba bank pada periode tersebut naik 163,45% yoy dibandingkan laba pada Februari 2023 sebesar Rp12,93 miliar.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper