Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paylater CIMB Niaga (BNGA) Siap Meluncur dalam Waktu Dekat

Nantinya Paylater CIMB Niaga akan hadir pada platform perbankan digital, yaitu OCTO Mobile dan OCTO Clicks.
Karyawan melayani nasabah di CIMB Niaga Digital Lounge, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah di CIMB Niaga Digital Lounge, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) bersiap meluncurkan fitur paylater. Perseroan sempat menyebutkan bahwa fitur ini akan resmi diluncurkan pada rentang sekitar Juli 2024.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan nantinya Paylater CIMB Niaga akan hadir pada platform perbankan digital, yaitu OCTO Mobile dan OCTO Clicks.

“Di mana, ini dapat memberikan akses kepada nasabah atau pengguna untuk lebih mudah dalam menggunakan fasilitas paylater-nya terutama untuk nasabah payroll dan tabungan CIMB Niaga,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (2/7/2024)

Pria yang kerap disapa Dede itu juga menuturkan produk paylater bakal mengedepankan aspek-aspek seperti penilaian kelayakan kredit, transparansi suku bunga dan biaya, perlindungan data pribadi, mekanisme pengaduan hingga mekanisme penagihan dan pelaporan kolektalibitas yang harus mengutamakan kepentingan nasabah. 

“Produk paylater harus menjadi solusi yang tepat, aman dan nyaman bagi nasabah,” ujarnya. 

Sebelumnya, pada April 2024 lalu, Dede sempat membeberkan bahwa fitur tambahan ini telah melewati tahap awal piloting dan saat ini sedang dalam tahap pengujian alias testing yang lebih menyeluruh sampai akhirnya diluncurkan secara resmi. 

“Kenapa rilisnya jadi antara Juni dan Juli [bukan April 2024]? Karena kita ingin acceptance-nya tidak hanya di e-commerce, tapi juga di QR,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Meski layanan paylater akan dirilis secara resmi ke publik dalam waktu dekat, Dede menyebut perusahaan masih memiliki rencana untuk melakukan pengembangan lanjutan, termasuk membuat paylater dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri dan luar negeri. 

Kata Dede, hadirnya, peluncuran fitur buy now pay later milik CIMB Niaga sendiri terdorong atas tingginya kebutuhan anak muda dalam mencari kemudahan akses dalam satu aplikasi.   

"Mulai dari tabungan, paylater, kartu kredit, e-money ada di satu aplikasi. Maka ini akan memudahkan nasabah agar tidak lupa membayar tagihan, karena bisa autodebet," kata Dede beberapa waktu lalu.

Tak hanya CIMB Niaga, pengembangan secara berkala terkait inovasi fitur juga dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) yang telah merilis paylater sejak akhir 2023.

Hal ini disampaikan Direktur BCA Santoso yang mengatakan fokus perseroan adalah meningkatkan nilai tambah yang dapat diberikan oleh layanan tersebut kepada pelanggan. 

“Produk Paylater BCA adalah suplemen produk bagi customer yang mau menikmati barang yang dibeli namun membayar dengan mencicil. Jadi kami memang tidak memiliki target [bisnis] khusus, namun ingin terus meningkatkan manfaat,” ujarnya pada Bisnis.

Dia mengungkapkan, ke depan akan ada fitur terbaru yang dirilis. Sayangnya, Santoso tidak merinci lebih lanjut. "Nanti tentunya ada [fitur baru] dan sedang dilakukan kajian," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper