Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIMB Niaga (BNGA) Pasang Target KPR Hijau Tahun Ini

KPR hijau CIMB Niaga (BNGA) berkontribusi sebesar Rp287 miliar per Maret 2024, naik 58,9% secara tahunan dengan NPL masih di level 0%.
Karyawan melayani nasabah di CIMB Niaga Digital Lounge, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melayani nasabah di CIMB Niaga Digital Lounge, Jakarta, Rabu (6/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) optimistis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijau alias green mortgage bakal terus tumbuh seiring dengan kebutuhan hunian yang meningkat di tengah kesadaran publik soal krisis iklim. 

Tercatat, BNGA telah menyalurkan KPR mencapai Rp43 triliun pada kuartal I/2024, tumbuh 2,4% yoy. Adapun, green mortgage berkontribusi sebesar Rp287 miliar per Maret 2024, naik 58,9% secara tahunan. Rasio bermasalah (nonperforming loan/NPL) pun masih di level 0%.

Head of Secured Lending Business & Consumer Credit Underwriting CIMB Niaga Djojo Boentoro mengatakan green mortgage merupakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian properti dari pengembang (developer) yang telah memenuhi standar prinsip keberlanjutan atau sertifikasi bangunan hijau dari lembaga yang diakui.

Di antaranya menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan, memiliki pengelolaan air yang baik, dan efisiensi energi melalui pemanfaatan solar panel.

“[Untuk target] kita tergantung kesediaan rumah yang tersertifikasi green mortgage. Kita sih berharap pertumbuhan bisa dobel dari 1% [total porsi portofolio green mortgage terhadap total KPR],” ujarnya dalam Media Gathering "Tren Properti & Green Mortgage 2024, Senin (1/7/2024).

Associate Director of Planning & Design Ciputra Residence Taufiq Hidayat pun mengatakan  sejauh ini pihaknya terus menggenjot jumlah hunian yang disertifikasikan. 

“Kalau sekarang 50% [hunian] telah tersertifikasi [hijau], mungkin tahun depan 75% dan tahun depan lagi bia 100% tersertifikasi,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Head of Non Branch Channel CIMB Niaga Heintje Mogi mengatakan sebagai inisiatif yang terbilang baru di industri properti, green mortgage memiliki potensi besar untuk terus berkembang. 

Hal ini sejalan dengan mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup berkelanjutan dan terus aktifnya edukasi KPR Hijau baik oleh pemerintah, perbankan, maupun developer. 

“Kami optimis minat masyarakat terhadap KPR Hijau akan terus meningkat. Karena itu, kami akan meningkatkan kerja sama dengan developer penyedia green house/building. Selain itu, CIMB Niaga juga akan menghadirkan berbagai program spesial, baik dari sisi pricing maupun benefit lain yang relevan,” katanya.

Menurutnya, green mortgage memiliki banyak keuntungan bagi nasabah. Selain menghemat energi, rumah yang ramah lingkungan juga dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya karena dibuat dari bahan-bahan bangunan yang lebih sehat dan aman serta memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. 

Terakhir, kata Heintje, memiliki rumah yang ramah lingkungan juga memberikan kepuasan tersendiri karena telah turut berkontribusi positif terhadap inisiatif keberlanjutan lingkungan, mengurangi jejak karbon, dan mendukung pembangunan yang lebih hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper