Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tugure Kunjungi IJN Malaysia, Upaya Tekan Risiko Klaim Jantung

Tugure berkomitmen untuk mendukung upaya meminimalisir risiko klaim jantung, penyakit kronis yang masih menjadi momok industri asuransi
Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital
Seseorang yang mengalami penyakit jantung. Penyakit jantung bisa dicegah dengan menjaga pola hidup sehat/ Sahyadri Hospital

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tugu Reasuransi Indonesia (Tugure), melalui Tugure Academy, berkomitmen untuk meningkatkan kualitas edukasi kepada mitra usaha dengan menyelenggarakan kunjungan ke Institut Jantung Negara (IJN) di Malaysia pada 12 September 2024.

Kunjungan ini melibatkan 12 perwakilan asuransi jiwa, diantaranya adalah Asuransi Cakrawala Proteksi, Heksa Solution Insurance, Perta Life Insurance, dan perusahaan asuransi lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan mengenai perawatan kesehatan jantung di Malaysia.

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia, dengan jumlah kasus yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kondisi ini memberikan tekanan besar pada perusahaan asuransi kesehatan yang harus menghadapi tingginya biaya klaim, terutama untuk penyakit jantung yang memerlukan perawatan intensif dan teknologi medis canggih.

Banyak perusahaan asuransi kini menghadapi tantangan dalam mempertahankan premi yang kompetitif, sembari tetap menyediakan layanan yang memadai bagi nasabah.

Upaya untuk menemukan solusi guna mengurangi klaim jantung menjadi sangat krusial bagi keberlanjutan bisnis asuransi kesehatan di Indonesia.

Sesi yang dibuka oleh Group Head Life Tugure, dr. Kiki Oditya, menekankan bahwa sekitar 30% klaim asuransi di Indonesia berasal dari penyakit jantung vaskular.

Sebagai respons terhadap tren yang memprihatinkan ini, Tugure Academy menyelenggarakan kegiatan sharing session yang bertujuan untuk melakukan studi banding atas fasilitas dan kompetensi di IJN, guna membantu perusahaan asuransi memitigasi risiko dalam menekan biaya klaim.

Direktur Keuangan Tugure, Dradjat Irwansyah menegaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen Perusahaan untuk berbagi pengetahuan dan meningkatkan layanan reasuransi melalui Tugure Academy.

"Kegiatan ini penting untuk memberikan pengetahuan layanan berstandar internasional, dimana wawasan ini diharapkan akan bermanfaat dalam memitigasi risiko klaim penyakit jantung," katanya dalam siaran pers, Jumat (4/10/2024).

Akim Affandi, Head of Marketing IJN, memberikan gambaran komprehensif tentang layanan IJN.

Akim menyatakan bahwa IJN menangani lebih dari 30 kondisi terkait jantung, dengan tenaga kerja sebanyak 2.565 karyawan, termasuk 180 dokter yang sangat terlatih.

"Fokus IJN bukan hanya pada perawatan, tetapi juga melatih dokter yang kompeten, sehingga pelayanan yang diberikan efektif dan efisien bagi pasien,“ ujar Akim.

Akim menambahkan bahwa regulasi di Malaysia memastikan bahwa biaya perawatan kesehatan tetap terjangkau, dengan pengawasan ketat terhadap prosedur dan layanan medis.

Kunjungan ke IJN ini menegaskan misi Tugure Academy untuk memberikan wawasan kepada mitra-mitranya di industri asuransi melalui kegiatan diskusi interaktif dengan berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Tubagus Sehabuddin Aceh, Manager of Health Insurance Asuransi Cakrawala Proteksi menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga membuka peluang kerjasama dengan fasilitas kesehatan internasional.

“Kami melihat potensi untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah melalui kolaborasi dengan institusi seperti IJN, yang memiliki standar tinggi dalam perawatan jantung,” ujar Tubagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper