Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA (BBCA) Pangkas Bunga Deposito untuk Tenor 3 Bulan, Ini Pertimbangannya

Per 1 Oktober 2024, BCA telah menurunkan suku bunga deposito sebesar 25 bps untuk tenor 3 bulan.
Pekerja beraktivitas di dekat logo Bank BCA di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja beraktivitas di dekat logo Bank BCA di Jakarta. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) memberlakukan suku bunga deposito terbaru per 1 Oktober 2024 lalu.

Berdasarkan keterangan di situs resminya, bank swasta terbesar di Tanah Air itu melakukan pemangkasan bunga deposito sebesar 25 basis poin (bps) untuk tenor 3 bulan, dari 3,25% menjadi 3,00%. Sementara itu, belum terdapat perubahan pada tenor 1, 6, dan 12 bulan dari keenam tiering simpanan yang ada.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan bahwa keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan beberapa hal, antara lain kondisi likuiditas, situasi pasar, serta suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) atau BI Rate.  

“Berdasarkan seluruh pertimbangan tersebut, kami menurunkan suku bunga deposito rupiah tenor 3 bulan sebesar 25 bps menjadi 3,00%, untuk seluruh tier simpanan,” katanya kepada Bisnis.com, Jumat (4/10/2024). 

Dengan demikian, Hera melanjutkan bahwa suku bunga deposito rupiah BCA saat ini bervariasi pada kisaran 2,00% hingga 3,25%, sesuai dengan tenor yang diambil. Menurutnya, hal itu merupakan upaya menyeimbangkan likuiditas dengan kredit bank.

“BCA senantiasa menjaga keseimbangan antara kecukupan likuiditas dengan ekspansi kredit yang sehat, dengan tetap mempertimbangkan perkembangan kondisi pasar dan risiko,” tutupnya.

Sebelumnya, BI melaporkan likuiditas yang memadai serta efisiensi perbankan dalam pembentukan harga yang semakin baik, antara lain didorong oleh publikasi asesmen transparansi suku bunga dasar kredit (SBDK), berdampak positif pada suku bunga perbankan yang tetap terjaga hingga Agustus 2024.

“Suku bunga deposito 1 bulan dan suku bunga kredit pada Agustus 2024 tercatat masing-masing sebesar 4,73% dan 9,21%, stabil dibandingkan dengan level bulan sebelumnya,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers RDG Bulanan, Rabu (18/9/2024).

Suku bunga deposito perbankan pun terpantau mulai melandai. Bunga deposito 1 bulan perbankan mencapai level 4,73% pada Agustus 2024, capaian ini sama dengan bulan sebelumnya yaitu Juli 2024.

Namun, suku bunga deposito Agustus 2024 masih lebih tinggi jika dibandingkan pada akhir tahun lalu atau Desember 2023 di level 4,69%.

Sementara itu, untuk suku bunga kredit per Agustus mencapai 9,21%, angka ini turun dari bulan sebelumnya yaitu Juli 2024 sebesar 9,23%. Bahkan, suku bunga ini kian turun dari akhir Desember 2023 yang sempat mencapai 9,25%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper