Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Keuangan, Ini Cara Mempersiapkan Tabungan Pernikahan

Anggaran pernikahan menjadi salah satu faktor mempengaruhi keputusan saat pernikahan. Simak tips keuangan mempersiapkan tabungan pernikahan.
Buku nikah/kabupatenlampungtimur
Buku nikah/kabupatenlampungtimur

Bisnis.com, JAKARTA - Mewujudkan pernikahan impian menjadi salah satu keinginan yang ingin dilakukan oleh banyak orang. Simak tips keuangan untuk menabung dan menciptakan pesta pernikahan bersama orang yang dicintai.

Namun, nyatanya biaya yang diperlukan untuk pernikahan tidaklah sedikit. Sebagai calon pasangan, Anda harus bisa mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan dengan matang, terutama dalam hal finansial.

Tips keuangan cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan Anda:

1. Tetapkan Anggaran Pernikahan

Anggaran pernikahan menjadi salah satu faktor yang banyak mempengaruhi keputusan saat menyusun rancangan pernikahan. Anda bisa jadikan anggaran pernikahan ini sebagai target tabungan kedepannya.

Pastikan selalu untuk memeriksa keuangan dengan saksama dan buat prediksi untuk biaya-biaya yang tak terduga. Dilansir dari Brides, setidaknya sisihkan 10% hingga 15% anggaran untuk biaya tak terduga tersebut.

2. Susun Prioritas Kebutuhan Pernikahan

Menyusun prioritas kebutuhan pernikahan akan membantu Anda dalam menabung. Dengan menyusun list prioritas kebutuhan pernikahan, Anda akan lebih mudah untuk mengatur keuangan Anda. Untuk menghindari pengeluaran berlebih, Anda harus bisa berkomitmen pada anggaran pernikahan Anda dan kebutuhan yang menjadi prioritas utama.

3. Pastikan Punya Waktu yang Cukup untuk Mempersiapkan Pernikahan dan Menabung

Waktu merupakan hal terpenting dari mempersiapkan pernikahan karena waktu akan menentukan berapa lama Anda bisa menabung untuk pernikahan Anda.

Lama waktu menabung untuk menikah juga berbeda-beda bagi setiap orang. Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penghasilan yang dimiliki oleh kedua pasangan. Anda bisa pertimbangkan waktu sedini mungkin untuk memenuhi tabungan pernikahan.

4. Membuka Tabungan Khusus Biaya Pernikahan

Untuk lebih memudahkan Anda menabung, Anda bisa buka tabungan baru khusus untuk menyimpan biaya pernikahan. Dengan membuka tabungan khusus ini, Anda bisa memisahkan antara uang kebutuhan sehari-hari dengan uang yang akan Anda tabung untuk pernikahan. Cara ini efektif karena Anda bisa dengan lebih mudah mengontrol pengeluaran dan pemasukan biaya pernikahan.

5. Sisihkan Gaji Bulanan di Awal Bulan

Selalu jadikan tabungan pernikahan sebagai prioritas utama dalam menabung. Oleh karena itu, akan lebih baik bila gaji bulanan disisihkan ke tabungan khusus pernikahan setiap awal bulan agar tidak terpakai dan tercampur dengan pengeluaran kebutuhan sehari-hari.

6. Jangan Terlalu Boros Saat Berkencan

Cara yang terakhir ini merupakan pengingat agar Anda tidak terlalu boros menghabiskan uang ke pengeluaran yang tidak terlalu penting. Usahakan Anda dengan pasangan Anda fokus pada prioritas utama untuk menabung. (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper