Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INOVASI PRODUK: Perbankan gencar perkuat layanan mobile banking

JAKARTA: Perbankan memperkuat layanan sistem pembayaran dengan meluncurkan produk mobile banking, karena dinilai masih memiliki potensi yang masih besar.Salah satu bank yang segera meluncurkan produk layanan mobile banking baru adalah PT Bank Danamon

JAKARTA: Perbankan memperkuat layanan sistem pembayaran dengan meluncurkan produk mobile banking, karena dinilai masih memiliki potensi yang masih besar.Salah satu bank yang segera meluncurkan produk layanan mobile banking baru adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk, anak usaha Temasek Holding melalui Asia Financial Pte Ltd.Michellina Triwardhany, Direktur Perbankan Konsumer Danamon, mengatakan produk baru tersebut masih dalam tahap uji coba dan diharapkan segera selesai untuk diluncurkan ke masyarakat.“Saat ini masih dalam tahap tes. Produk itu basisnya internet. Tunggu aja tanggal mainnya,” ujarnya hari ini, Jumat 24 Februari 2012.Meski enggan untuk menjelaskan lebih jauh tentang produk mobile banking tersebut, Dhany, panggilan dari Michellina, sedikit membocorkan target dari produk ini adalah nasabah Danamon Simpan Pinjam, unit usaha yang fokus pada pembiayaan mikro.“Ini ditujukan pada market customer Danamon Simpan Pinjam untuk mendekatkan mereka pada layanan perbankan,” jelasnya.Pada tahun ini, Danamon menargetkan transaksi keseluruhan internet banking dapat meningkat sebesar 50%, atau menjadi 2,25 juta per bulan. Pada tahun lalu transaksi internet banking meningkat sebesar 80% menjadi 1,5 juta transaksi perbulan.Dhany optimistis target tersebut dapat tercapai karena nasabah yang saat ini belum menggunakan layanan perbankan melalui jaringan internet masih sangat besar.“Saya tidak ingat jumlahnya, tapi penggunanya masih sedikit sehingga potensi masih sangat besar. Namun, kalau nasabah sudah sekali mencoba pasti dia akan rutin menggunakan. Ini terlihat dari penggunaan Internet banking bisa mencapai 5—6 kali sebulan,” jelasnya.Selain Danamon, PT Bank CIMB Niaga Tbk, anak usaha CIMB Group asal Malaysia, telah meluncurkan Go Mobile, sejenis mobile banking pada lusa kemarin.Produk baru yang menghabiskan biaya investasi sebesar US$2,2 juta, ditujukan untuk meningkatkan porsi dana murah perseroan yang pada akhir tahun lalu memiliki porsi 44,32%. Perseroan berharap porsi dana murah dapat tumbuh sekitar 50% pada tahun ini“Selain ATM dan CDM [cash deposit machine], kami juga akan mengembangkan internet banking dan mobile banking untuk meningkatkan dana murah,” ujar Wan Razly Abdullah, Direktur sekaligus Chief Financial Officer CIMB Niaga, pekan ini.Wan Razly menjelaskan pertumbuhan dana murah merupakan strategi perseroan dalam mendongkrak margin bunga bersih (net interest margin/NIM) yang sempat turun pada tahun lalu. NIM perseroan pada akhir tahun lalu mencapai 5,66%, turun 77 basis points dari tahun sebelumnya 6,43%, akibat penurunan bunga kredit. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper