Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KREDIT BANK pada Maret catat rekor baru

JAKARTA: Penyaluran kredit perbankan pada Maret 2012 melonjak hingga mencatatkan rekor terbaru karena dalam 1 bulan mengucurkan pembiayaan bersih Rp65,7 triliun.  Angka itu melonjak signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp49 triliun. Berdasarkan

JAKARTA: Penyaluran kredit perbankan pada Maret 2012 melonjak hingga mencatatkan rekor terbaru karena dalam 1 bulan mengucurkan pembiayaan bersih Rp65,7 triliun.  Angka itu melonjak signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp49 triliun. Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, total kredit perbankan hingga Maret 2012 mencapai Rp2,282,7 triliun. Secara year to date, tercatat meningkat Rp66,7 triliun dibandingkan dengan akhir tahun lalu Rp2.216 triliun. Peningkatan kredit terbesar justru terjadi dalam sebulan terakhir pada kuartal I/2012. Pasalnya kredit tercatat melonjak sebesar Rp65,7 triliun. Dalam dua bulan pertama rata-rata mencatatkan pertumbuhan negatif. Apabila dibandingkan dengan kondisi periode yang sama tahun sebelumnya, pertumbuhan kredit pada tiga bulan tahun ini memang cukup signifikan.Pada 3 bulan pertama tahun lalu kredit hanya tumbuh Rp49 triliun, kontribusi terbesar pada bulan Maret sekitar Rp41 triliun. Direktur Departemen Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi A. Johansyah membenarkan bahwa pertumbuhan kredit pada awal tahun ini melonjak sejalan dengan tren penurunan suku bunga kredit. "Pada Maret 2012, pertumbuhan kredit, tidak termasuk kredit chaneling mencapai 24,9% secara year on year, terus meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada Februari 2012 sebesar 24,2%," ujarnya di Jakarta, Kamis 17 Mei 2012.Dia menjelaskan kenaikan kredit sejalan dengan prospek pertumbuhan ekonomi yang positif, terutama pada kinerja kredit investasi berada dalam tren yang meningkat. (ra)

 

 

BACA JUGA:

Dolar AS Keok Di Pasar Asia

HARGA EMAS Naik 1,93 Sen Dolar/Gram

EDITORIAL BISNIS: Kasus Korupsi Jangan Tertutup Karena Musibah Sukhoi

GAGALNYA LADY GAGA: Sold Out Dulu Baru Izin…?

BLACK BOX SUKHOI: Ini Rute Perjalanan Panjang Kotak Hitam Setelah Ditemukan

FINAL LIGA CHAMPIONS: Ujian Terberat DI MATTEO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper