Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JAMINAN SOSIAL: 4 Wilayah Jadi Uji Coba SJSN

BISNIS.COM, JAKARTA—Sebanyak empat wilayah akan menjadi kawasan uji coba pelaksanaan sistem jaminan sosial, menyusul beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan mulai 1 Januari 2014.
R Fitriana
R Fitriana - Bisnis.com 07 Maret 2013  |  11:40 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Sebanyak empat wilayah akan menjadi kawasan uji coba pelaksanaan sistem jaminan sosial, menyusul beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan mulai 1 Januari 2014.

Menurut Direktur Utama PT Askes Fachmi Idris, keempat wilayah itu adalah DKI Jakarta, Aceh, Jawa Barat, dan Gorontalo.

“Semua hal yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan sudah ada road map pendukung, termasuk wilayah uji coba SJSN dan master file kepesertaan untuk 102,8 juta orang, dari peserta Jamkesmas dan data kepesertaan milik PT Askes,” katanya di sela-sela konsolidasi PT Askes dan PT Jamsostek menuju BPJS, Kamis (7/3).

Fachmi menjelaskan keempat wilayah tersebut sampai dengan saat ini sudah memiliki Jamkesda (jaminan kesehatan daerah), sehingga dapat menjadi mini SJSN.

Mengenai kepesertaan, dia menambahkan secara keseluruhan akan tercatat sebanyak 121,6 juta peserta BPJS Kesehatan, yakni peserta dari Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat) sekitar 86,4 juta orang.

Selain itu, lanjutnya, peserta Askes sekitar 16,4 juta orang, peserta Asabri 3,3 juta orang, peserta  Jamsostek 8 juta orang, dan peserta Jamkesda sekitar 7,5 juta.

“Semua data tentang kepesertaan sudah ada, tinggal penyesuaian dengan jaminan sosial yang lainnya, baik itu Asabri, Jamsostek, Jamkesda, dan data milik Askes sendiri,” ungkapnya. (bas)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi jamsostek bpjs askes jamkesda jamkesmas asabri
Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top