Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PERBANKAN CHINA: Kredit Baru Tumbuh 12%

BISNIS.COM,JAKARTA--Nilai penyaluran kredit baru di industri perbankan China sepanjang triwulan I/2013 tercatat 2,76 triliun yuan (setara dengan US$449,51 miliar), tumbuh 12% dibandingkan dengan periode yang sama 2012.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 27 April 2013  |  09:17 WIB

BISNIS.COM,JAKARTA--Nilai penyaluran kredit baru di industri perbankan China sepanjang triwulan I/2013 tercatat 2,76 triliun yuan (setara dengan US$449,51 miliar), tumbuh 12% dibandingkan dengan periode yang sama 2012.

Berdasarkan data pemerintah setempat yang dilansir Bloomberg, pertumbuhan kredit baru ini menjadi rekor tertinggi kedua dalam beberapa waktu terakhir.

"Perbankan di China tahun ini berusaha memperluas skala pembiayaan untuk meningkatkan pendapatannya," ujar Wilson LI, analis dari Guotai Junan Securities Co, dikutip Sabtu (27/4/2013).

Menurutnya tekanan terhadap profit pembiayaan menjadi pertimbangan perbankan di China memperluas basis penyaluran kreditnya, sehingga margin keuntungan yang diperoleh tetap mampu dipertahankan.

Meski terjadi kenaikan profil kredit bermasalah, pertumbuhan penyaluran kredit baru kepada nasabah ini tercermin dari semua bank milik pemerintah, seperti Industrial & Commercial Bank of China (ICBC) Ltd, China Construction Bank Corp, Agricultural Bank of China Ltd, dan Bank of China Ltd.

Salah satu pemerintah yang mencatat pertumbuhan kredit tertinggi yakni ICBC. Bank tersebut mencatat kenaikan pembiayaan baru hingga 25% pada kuartal pertama tahun ini, dengan nilai yang disalurkan sebesar 461 miliar yuan (US$75,08 miliar).

Kredit baru ICBC itu setara dengan 16,7% total pembiayaan yang disalurkan perbankan di China.(if)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank sentral icbc bank china perbankan china industri bank china kredit baru
Editor : Ismail Fahmi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top