Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOW COST GREEN CAR: Multifinance Siap Salurkan Pembiayaan

BISNIS.COM, JAKARTA—Perusahaan multifinance siap memasuki pasar pembiayaan mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) jika permintaan terhadap produk tersebut tinggi.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengesahkan peraturan

BISNIS.COM, JAKARTA—Perusahaan multifinance siap memasuki pasar pembiayaan mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) jika permintaan terhadap produk tersebut tinggi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengesahkan peraturan mengenai diskon pajak penjualan barang mewah untuk kendaraan bermotor. Peraturan ini juga akan turut mendorong produksi LCGC secara massal. Selanjutnya, pemerintah akan mengeluarkan aturan turunan sebagai pedoman teknis.

Wisnu Kusumawardhana, Division Head Marketing PT Toyota Astra Financial Services (Toyota Finance), mengatakan Toyota Finance pasti akan memasuki pasar pembiayaan LCGC jika Toyota telah menjual jenis produk tersebut.

 “Kita kan biayai mobil Toyota, jadi bagaimana Toyota saja, apapun yang dikeluarkan kami siap melakukan pembiayaan,” katanya kepada Bisnis, Jumat (7/6/2013).

Menurutnya, jika aturan turunan yang disusun pemerintah telah rampung, maka produsen mobil juga akan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai LCGC. Perusahaan multifinance juga akan dapat memperkirakan peluang pasar yang dapat digarap.

Yudhananta, Corporate Secretary PT MNC Finance, mengatakan MNC Finance akan membiayai LCGC jika permintaan mobil tersebut ditengah masyarakat tinggi.

“Karena kami biayai mobil itu yang fast moving,” katanya. Menurutnya, yang dimaksud mobil fast moving adalah mudah dijual kembali. Karena ketika kredit macet, mobil harus ditarik oleh perusahaan dan dilempar kembali ke pasar.

Jika peluang melakukan pembiayaan LCGC mulai ada, pihaknya berharap akan mendapatkan dukungan dari bank yang menyediakan sumber pendanaan usahanya.

Dia mengatakan, perusahaan sejauh ini hanya menyalurkan pembiayaan untuk mobil merek tertentu.  Porsi pembiayaan mobil baru di MNC Finance juga tergolong minim jika dibandingkan mobil bekas.

Dia berpendapat, adanya aturan dari pemerintah tersebut akan meningkatkan pertumbuhan penyaluran pembiayaan baru bagi mutifinance yang menawarkan mobil baru. Mengingat harga LCGC murah, maka multifinance akan dapat membidik pasar yang lebih luas.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk juga turut mendukung program LCGC ini. Willy Suwandi Dharma, Direktur Utama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, mengatakan dengan adanya program LCGC, pasar mobil tahun ini akan berkembang.

Sejauh ini telah ada beberapa varian mobil murah dan ramah lingkungan yang disiapkan dan akan meluncur ke pasaran a. l Toyota Agya dan Daihatsu Alya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper