Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AIA FINANCIAL & QNB Kesawan Akan Luncurkan Produk Unitlinked

BISNIS.COM, JAKARTA--PT AIA Financial dan PT Bank QNB Kesawan Tbk akan meluncurkan produk asuransi berbasis investasi atau unitlinked dalam waktu dekat.
Tisyrin Naufalty Tsani
Tisyrin Naufalty Tsani - Bisnis.com 10 Juni 2013  |  18:14 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--PT AIA Financial dan PT Bank QNB Kesawan Tbk akan meluncurkan produk asuransi berbasis investasi atau unitlinked dalam waktu dekat.

Chief Marketing Officer AIA Financial Ade Bungsu mengatakan Bank QNB Kesawan menjadi mitra baru AIA Financial dalam memasarkan produk melalui jalur distribusi bancassurance.

"Selama ini kami sudah punya beberapa bank partner," katanya usai penandatangan kerja sama AIA Financial-Bank QNB Kesawan, Senin (10/6/2013).

Dengan bertambahnya bank yang menjadi mitra, menurutnya, hal tersebut akan meningkatkan penetrasi produk di tengah masyarakat melalui jalur distribusi bancassurance.

AIA Financial belum dapat memastikan kapan produk unitlinked yang akan dipasarkan kepada nasabah Bank QNB Kesawan tersebut akan resmi diluncurkan. Produk tersebut, menurut Ade, masih diproses untuk mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tahun lalu, AIA Financial membukukan pendapatan premi mencapai Rp 5,81 triliun. Kontribusi bancassurance selama 2012 mencapai sekitar 50% terhadap premi.

Jalur distribusi lainnya yaitu agency memberi kontribusi sekitar 40%, sisanya disumbangkan oleh jalur distribusi corporate solution dan direct marketing (DM). “Kita berupaya mengembangkan semua jalur distribusi yang kita miliki,” katanya.

Khusus bancassurance, bank yang telah bekerjasama dengan AIA Financial selain Bank QNB Kesawan yaitu Bank BCA, CIMB Niaga, Bank ANZ Indonesia, Bank BJB, Bank Saudara dan Bank BNI.

Menurutnya, AIA Financial akan selalu mencari peluang kemitraan dengan bank lainnya. Meski tidak ada target khusus, pihaknya mengaku terus melakukan penjajakan dengan calon mitra.

“Kita selalu melakukan penjajakan untuk membuka kesempatan baru di jalur bancassurance,” katanya.

Sementara itu Windiartono Tabingin, Retail Banking Director Bank QNB Kesawan, mengatakan bank tersebut masih perlu menjalin banyak kerjasama untuk meningkatkan fee based income atau pendapatan non bunga.

Dia mengatakan, kerjasama dengan AIA Financial dapat merambah ke produk microinsurance, yang bermanfaat untuk meraih konsumen lebih luas.

Sebelumnya, Bank QNB Kesawan menjalin kerjasama dengan PT Asuransi Cigna. Bank QNB Kesawan menargetkan fee based income sebesar Rp9,4 miliar hingga akhir tahun ini khusus melalui kerjasama dengan AIA Financial dan Asuransi Cigna.

Menurutnya, target tersebut masih terbilang minim. “Nantinya kita akan tambah [kerjasama dengan asuransi],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bancassurance aia finansial qnb kesawan
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top