Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Per 1 Januari 2014 Gaji Bulanan Karyawan akan Berkurang. Kok Bisa?

Bisnis.com, JAKARTA - Anda seorang karyawan? Bersiap-siaplah gaji bulanan anda akan berkurang per 1 Januari 2014 menyusul diterapkannya Sistem Jaminan Sosial Nasional.SJSN mewajibkan setiap warga negara untuk membayar iuran yang besarnya ditetapkan berdasarkan
Achmad Aris
Achmad Aris - Bisnis.com 29 Agustus 2013  |  16:21 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Anda seorang karyawan? Bersiap-siaplah gaji bulanan anda akan berkurang per 1 Januari 2014 menyusul diterapkannya Sistem Jaminan Sosial Nasional.

SJSN mewajibkan setiap warga negara untuk membayar iuran yang besarnya ditetapkan berdasarkan persentase dari upah atau suatu jumlah nominal tertentu.

Dalam UU No. 40/2004 tentang SJSN itu, pemerintah hanya menanggung iuran bagi fakir miskin dan orang yang tidak mampu.

Risza Bambang, Chairman PT Padma Radya Aktuaria, mengatakan salah satu dampak dari implementasi SJSN yang kurang disadari oleh masyarakat adalah adanya tambahan iuran kesehatan baru yang wajib dibayar setiap bulan, di luar dari asuransi kesehatan pribadi atau asuransi kesehatan yang ditanggung oleh perusahaan.

"Pihak perusahaan tentunya tidak akan mau menanggung dua-duanya. Kemungkinan perusahaan tetap mempertahankan asuransi kesehatan dan
membebankan iuran SJSN ke karyawan atau [opsi kedua] malah memilih SJSN dan menghentikan asuransi kesehatan perusahaan," katanya kepada Bisnis, Kamis (29/8/2013).

Jika opsi kedua yang dipilih, hal tersebut akan berdampak pada pertumbuhan bisnis perusahaan asuransi swasta yang harus kehilangan kliennya. "Bisa banyak [perusahaan asuransi swasta] yang gulung tikar," ujarnya.

Menurutnya, seharusnya pemerintah menanggung seluruh iuran SJSN tanpa membedakan status ekonomi masyarakat sesuai dengan amanat pasal 34 ayat 3 UUD 1945.

"Apalagi yang menggunakan ASKES [BPJS yang ditunjuk UU SJSN] itu kemungkinan besar hanya masyarakat miskin, sementara masyarakat menengah ke atas kecenderungannya tetap memakai asuransi kesehatan sendiri karena pertimbangan pelayanan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sjsn karyawan gaji iuran sjsn
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top