Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Nonbank Perlu Sinergi

Penerapan sistem keuangan syariah berpotensi mendorong kegiatan produkstif sektor riil sehingga membutuhkan kerja sama sinergis antara perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah (LKS) nonbank.

Bisnis.com, SEMARANG - Penerapan sistem keuangan syariah berpotensi mendorong kegiatan produkstif sektor riil sehingga membutuhkan kerja sama sinergis antara perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah (LKS) nonbank.

Deputi Direktur Pusat riset dan Edukasi Bank Indonesia Ascarya menilai sistem keuangan syariah tidak mendorong money creation dan kecurangan sehingga butuh kesinambungan antara pihak terkait. 

"Justru sinergi perbankan syariah dan LKS nonbank secara mikro meningkatkan kinerja sekaligus menjaga keteraturan pasar," ujarnya kegiatan di Semarang, Selasa (17/12/2013).

Hubungan kerja sama saling sinergi itu, katanya mampu meningkatkan efisiensi LKS, kesehatan kinerja serta pada intinya untuk menjaga keadilan terhadap nasabah.

Deputi Bidang Perbankan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah V Jawa Tengah-DI Yogyakarta Ahmad Sukro Tratmono berupaya terus mengembangkan bank syariah terutama mengarahkan pembiayaan sesuai dengan ekonomi produktif masyarakat seperti pembiayaan UMKM.

"BI memiliki kebijakan revitalisasi peningkatan sinergi dengan bank induk untuk memanfaatkan jaringannya dalam pembiayaan dan pelayanan juga mendorong untuk sinergi dengan LKS nonbank," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper