Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Tantangan, IDB Rilis Program Pengembangan SDM Syariah

Kemitraan Islam untuk untuk Pengembangan Sektor Swasta (ICD), anggota dari Islamic Development Bank Group, telah merilis proyek percontohan dari Program Pengembangan Talenta Keuangan Syariah (IFTDP).
Fokus IDBG adalah untuk menghasilkan para eksekutif yang kompeten dan untuk membantu membentuk berbagai peluang. /patheos.com
Fokus IDBG adalah untuk menghasilkan para eksekutif yang kompeten dan untuk membantu membentuk berbagai peluang. /patheos.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kemitraan Islam untuk untuk Pengembangan Sektor Swasta (ICD), anggota dari Islamic Development Bank Group, telah merilis proyek percontohan dari Program Pengembangan Talenta Keuangan Syariah (IFTDP).

IFTDP tersebut dirancang untuk karir profesional menengah yang memiliki kompetensi kepemimpinan yang luar biasa. Satu-satunya tujuan adalah untuk membangun wadah eksekutif keuangan Islam yang berbakat dan mampu memimpin industri di masa depan.

IFTDP, untuk memberi pengalaman profesional, memiliki program rotasi kelas dunia yang mencakup tiga tugas 8 bulan yang berdampak tinggi di subbisnis IDB, serta mempunyai kurikulum pelatihan global yang komprehensif untuk kegiatan selama 2 tahun.

Pelatihan kelas memiliki kualifikasi Certified Islamic Finance Professional (CIFP), diberikan oleh INCEIF.

ICD bercita-cita bahwa program IFTDP akan menjadi "standar emas" dalam mengembangkan sumber daya manusia keuangan syariah.

Kekurangan sumber daya manusia berkualitas merupakan salah satu tantangan paling serius yang dihadapi industri keuangan syariah saat ini. ICD, sembari menjalankan mandat pembangunan, pada 2011 telah mengembangkan IFTDP sebagai sarana mengatasi kekurangan ini.

"Fokus IDBG adalah untuk menghasilkan para eksekutif yang kompeten dan untuk membantu membentuk berbagai peluang," kata Khaled Al-Aboodi , CEO dan General Manager ICD, seperti dikutip dalam situs icd-idb.com.

Strategi pengembangan bakat IDB Group berbasis pada kesulitan yang dihadapi oleh lembaga keuangan syariah dalam menemukan bakat dan menyadari pentingnya pengembangan sumber daya manusia, bersama dengan keyakinan bahwa menarik dan mempertahankan bakat adalah faktor yang paling kuat di balik kesuksesan dan keunggulan organisasi.

Untuk itu, IDBG Grup mendirikan Program Profesional Muda (YPP) serta Program Pengembangan Bakat Keuangan Islam (IFTDP).

Sementara ini IFTDP adalah tambahan terbaru oleh ICD untuk mengembangkan eksekutif keuangan syariah kelas dunia. Adapun Program Profesional Muda ( PPM ), selama lebih dari 2 dekade, telah menjadi program yang unggul untuk mempersiapkan lulusan muda pilihan menjadi pemimpin pembangunan global.

YPP diluncurkan dengan mandat untuk menarik bakat intelektual berkualitas tinggi dari seluruh dunia. Program ini memungkinkan setiap profesional muda (YP) untuk menerima eksposur yang luas dan pengalaman dari berbagai kegiatan IDB Group melalui rotasi pekerjaan di departemen yang berbeda.

Tujuan dari kedua program adalah untuk menawarkan, menarik, dan mempertahankan bakat kelas dunia dengan menawarkan manfaat besar, fasilitas nyaman, dan pengembangan profesional yang luar biasa, serta menanamkan rasa tanggung–jawab dan kepedulian terhadap umat.

Setelah berhasil menyelesaikan Program, peserta secara bertahap akan bekerja profesional di IDB Group.

IFTDP & YPP telah menjadi pembeda karier sejak awal. IDB Grup membanggakan alumni IFTDP & YPP bertumbuh dengan baik, yang diakui atas kontribusi mereka melalui percepatan kemajuan karir dalam Lembaga Pembangunan Multilateral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper