Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILEG 2014: Bank Berikut Dipastikan Libur

Perbankan di Indonesia menyambut pesta demokrasi dengan meliburkan seluruh operasional pelayanan nasabahnya pada Rabu (9/4/2014)
BRI/Bisnis
BRI/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Perbankan di Indonesia menyambut pesta demokrasi dengan meliburkan seluruh operasional pelayanan nasabahnya pada Rabu (9/4/2014).

Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Achmad Baiquni mengatakan bank pelat merah itu tidak mengoperasionalkan layanan nasabah pada hari pemungutan suara.

Pihaknya juga menyarankan agar nasabah dapat melakukan akses perbankan menggunakan electronic banking, mobile banking, Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"Semuanya berfungsi 24 jam," katanya, Selasa (8/4/2014).

Taswin Zakaria, Presiden Direktur PT Bank Internasional Indonesia Tbk., juga memastikan operasional BII tidak akan beroperasi pada saat Pemilu legislatif.

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Gatot M. Suwondo, memastikan pelayanan nasabah BNI ditiadakan sehari, tepatnya pada hari pencoblosan. Dia menyarankan nasabah BNI yang ingin bertransaksi dapat memanfaatkan jaringan ATM atau e-channel.

Nixon L.P. Napitupulu, Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk., memastikan akan meniadakan operasional perbankan pada saat Pemilu sehingga seluruh pegawai dapat menggunakan hak pilihnya.

Untuk melayani nasabah, Bank Mandiri tetap akan menyiagakan jaringan elektronik seperti anjungan tunai mandiri (ATM).

Dia menghimbau agar nasabah menggunakan internet banking dan mobile banking, sms banking dan phone banking untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

"Sesuai keputusan Bank Indonesia yang meniadakan kliring serta untuk mendukung kelancaran pemilu, kami meliburkan kegiatan operasional pada 9 April mendatang," tuturnya.

Direktur IT & Operations PT Bank CIMB Niaga Tbk. Rita Mas’Oen menegaskan pihaknya tetap membuka layanan Digital Lounge pada hari libur Pemilu 9 April 2014.

Menurutnya jam operasional layanan tersebut berlangsung sejak pukul 12.30 hingga 21.30 WIB. Layanan yang ditawarkan antara lain pembukaan rekening, registrasi CIMB Clicks, Go Mobile dan Rekening Ponsel, dan penggantian kartu debit.

Secara keseluruhan, lanjutnya, CIMB Niaga meniadakan kegiatan operasional di seluruh kantor cabang pada hari libur tersebut.

"Nasabah diharapkan dapat memanfaatkan layanan branchless banking untuk bertransaksi," jelasnya.

Sebelumnya, untuk menyambut gelaran Pemilu legislatif anggota DPR, DPRD, dan DPD pada Rabu (9/4), Bank Indonesia sebagai otoritas bank sentral memutuskan untuk meniadakan kegiatan operasional selama sehari.

Kegiatan operasional BI yang ditiadakan antara lain layanan kas, sistem pembayaran baik itu sistem kliring nasional dan Bank Indonesia real time gross settlement (RTGS). Kemudian kegiatan Bank Indonesia scripless securities settlement, serta operasi moneter rupiah dan valuta asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper