Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satelit Brisat Diyakini Dukung Kinerja BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yakin program satelit Brisat akan memperkuat kemampuan BRI dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan financial inclusion di Indonesia.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 28 April 2014  |  11:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yakin program satelit Brisat akan memperkuat kemampuan BRI dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan financial inclusion di Indonesia.

Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan pengembangan jaringan perbankan di Indonesia memiliki karakter yang khusus dibandingkan dengan negara besar lain.

Dia mengklaim kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan menyulitikan pembangunan jaringan informasi perbankan berbasis kabel seperti di China atau India.

Hal tersebut menjadikan sambungan satelit sebagai sistem yang paling efisien untuk meningkatkan jaringan bisnis perbankan ke seluruh penjuru Tanah Air.

"Kebutuhan jaringan telekomunikasi berbasis satelit akan terus meningkat, terlebih bagi BRI yang jaringan kerjanya tersebar di seluruh indonesia," kata Sofyan, Senin (28/4/2014).

Jumlah jaringan BRI, sampai Desember 2013, telah memiliki lebih dari 9.800 jaringan kerja kantor di seluruh Indonesia.

Jaringan kerja tersebut disediakan oleh 9 provider jasa komunikasi, termasuk penyewaan penggunaan 23 transponder satelit komunikasi.

Sofyan menambahkan Brisat yang akan diluncurkan BRI pada 1 September 2015 tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan bisnis BRI.

Sebagian dari 45 slot transponder di satelit tersebut rencananya dialokasikan untuk kepentingan pemerintah Indonesia seperti pertahanan, pendataan penduduk, dan pertanian.

BRI menyiapkan US$250 juta untuk meluncurkan dan mengelola Brisat yang akan ditempatkan di slot orbit 150,5 derajat bujur timur.

Perusahaan Amerika Serikat, Space Systems/Loral LLC (SSL) dipercaya untuk memproduksi Brisat, sedangkan peluncuran satelit akan dilakukan oleh perusahaan Perancis, Arianespace.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank bri satelit
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top