Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobile Money: Kepercayaan Pelanggan Mudahkan Implementasi

Kepercayaan pelanggan di Indonesia pada bank dan operator telekomunikasi diyakini akan memudahkan implementasi mobile money.
Tisyrin Naufalty Tsani
Tisyrin Naufalty Tsani - Bisnis.com 28 Januari 2015  |  18:42 WIB
Penggunaan kartu debet. Layanan mobile money meningkat - Bisnis.com
Penggunaan kartu debet. Layanan mobile money meningkat - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Kepercayaan pelanggan di Indonesia pada bank dan operator telekomunikasi diyakini akan memudahkan implementasi mobile money.

Menurut hasil survei Accenture, 52% dari konsumen Indonesia (41% secara global) mempercayakan data pribadinya kepada bank, diikuti oleh operator telekomunikasi sebanyak 35% (27% secara global).

Dipen Mehta, Managing Director, Accenture Digital, mengatakan layanan mobile money sebenarnya telah tersedia. Layanan tersebut masih sebatas memiliki rekening untuk membayar tagihan, mengambil uang dari ATM, atau mengirimkan uang.

Sayangnya, mobil money belum digunakan untuk melakukan pembayaran pelayanan publik seperti eToll, air, listrik, pembelian segala jenis barang ritel atau manajemen finansial yang menggunakan perangkat bergerak untuk membeli asuransi, hipotek/surat gadai, aset finansial, dan lain sebagainya.

“Kemampuan mobile money untuk memfasilitasi sektor keuangan telah membuka peluang bagi perkembangan potensinya yang besar," katanya melalui siaran pers, Rabu (28/1/2015).

Pada waktu yang sama, banyak tantangan yang dihadapi oleh institusi keuangan yang berencana untuk mengembangkan kemampuan manajemen mobile money seperti pertimbangan keamanan, kesenjangan teknologi dan ekosistem bisnis, serta ketidakpastian regulasi.

Mehta mengungkapkan bahwa tantangan terbesar dalam implementasi mobile money di Indonesia adalah ketidakpastian regulasi. Oleh karena itu, kolaborasi antara regulator, operator telekomunikasi dan bank merupakan syarat yang wajib dipenuhi agar layanan mobile money dapat memiliki pondasi yang kuat untuk kemudian berkembang, dan bertambah besar.

 

 

 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

accenture
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top