Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asbanda Targetkan Nasabah Simpeda Tumbuh 15%

Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) menargetkan pertumbuhan nasabah simpanan pembangunan daerah (Simpeda) 26 BPD mencapai 15% pada tahun depan.

Bisnis.com, BUKITTINGGI—Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) menargetkan pertumbuhan nasabah simpanan pembangunan daerah (Simpeda) 26 BPD mencapai 15% pada tahun depan.

Ketua Umum Asbanda Eko Budiwiyono mengatakan peningkatan pertumbuhan tabungan Simpeda untuk mendorong keberimbangan komposisi dana pihak ketiga (DPK) BPD yang didominasi simpanan deposito.

“Belakangan kan [BPD] terpaksa harus bersaing di deposito, karena sulitnya mendapatkan dana murah,” katanya, Minggu (15/3/2015).

Dia menyebutkan jumlah nasabah Simpeda sampai Desember 2014 mencapai 7.291.980 penabung dengan saldo Rp39,10 triliun.

Jumlah itu meningkat 5,6% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 6.905.484 penabung, atau meningkat 386.496 penabung. Sedangkan saldo Simpeda meningkat 7,54% dari Rp2,74 triliun.

Eko mengungkapkan dalam 10 tahun terakhir dari 26 BPD, Bank Jatim berhasil menghimpun total saldo Simpeda hingga Rp9,23 triliun posisi Desember 2014. Angka itu menyumbang 23,62% dari total Simpeda secara nasional.

Direktur Utama PT BPD Sumatra Barat atau Bank Nagari Suryadi Asmi menuturkan perseroan menfokuskan peningkatan jumlah nasabah Simpeda untuk mendongkrak komposisi tabungan terhadap DPK bank tersebut.

Apalagi, sesuai laporan keuangan Bank Nagari per September 2014, komposisi deposito mencapai 53,40% dari total DPK Rp14,62 triliun. Sedangkan giro hanya 25,54% dan porsi tabungan 21,04%.

“Pertumbuhan deposito ditekan hingga maksimal 53% dari total penghimpunan dana,” ujarnya.

Adapun, penghimpunan tabungan Simpeda Bank Nagari sampai Desember 2014 mencapai Rp976,66 miliar atau berkontribusi 2,5% terhadap Simpeda BPD se Indonesia.

Untuk meningkatkan pertumbuhan Simpeda Asbanda rutin menggelar penarikan undian Simpeda dengan hadiah total Rp6 miliar. Program yang dimulai sejak 1990 itu, kali ini digelar di Bukittinggi, Sumatra Barat dengan Bank Nagari sebagai tuan rumah.

Dalam program itu, nasabah asal Sulawesi Utara dari Bank Sulut berhasil membawa hadiah Rp500 juta. Sedangkan empat pemenang hadiah uang total Rp100 juta diraih oleh dua nabasah Bank Nagari yaitu Ratna Wilis dari cabang Sijunjung dan Ali Amran cabang Padang Panjang, dua pemenang lainnya nasabah Bank Jatim dan nasabah Bank Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper