Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Nagari Butuh Insentif Danai Sektor Kemaritiman

PT BPD Sumatra Barat alias Bank Nagari meminta insentif dari pemerintah daerah untuk mendorong penyaluran kredit ke sektor maritim dan perikanan sesuai arah kebijakan pembangunan nasional.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG - PT BPD Sumatra Barat (Bank Nagari) meminta insentif dari pemerintah daerah untuk mendorong penyaluran kredit ke sektor maritim dan perikanan sesuai dengan arah kebijakan pembangunan nasional.

Direktur Pemasaran Bank Nagari, Indra Wediana mengakui sektor kemaritiman belum menjadi prioritas pembiayaan Bank Nagari.

“Belum [diprioritaskan], tapi kalau ada insentif dari pemerintah daerah kami akan garap. Sejauh ini kan baru imbauan,” katanya Kamis (23/4/2015).

Menurutnya, perseroan akan memberikan prioritas jika pemerintah membuat program khusus pembinaan kepada nelayan seperti program KUR atau dengan memberikan insentif berupa keringanan bunga.

Kalau hanya sebatas imbauan, perbankan akan memperlakukan sama dengan nasabah lainnya, sehingga tidak ada proses pemberdayaan bagi pengembangan sektor kemaritiman.

Dia mengatakan prioritas penyaluran kredit Bank Nagari tahun ini masih di sektor UMKM bidang perdagangan, jasa dan restoran, serta bidang pertanian dan perkebunan.

Porsi kredit UMKM itu mencapai 30% dari total penyaluran kredit. Adapun, total penyaluran kredit tahun ini ditargetkan mencapai Rp15,1 triliun atau tumbuh 11,55% dari tahun sebelumnya, Rp13,5 triliun.

Target itu dibarengi dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) 12,29% atau Rp15,3 triliun dari tahun sebelumnya Rp13,7 triliun.

Sedangkan pendapatan laba bersih dipatok tumbuh 13% atau mencapai Rp312 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper