Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

REVISI UU PPTKILN: TKI Wajib Ikut Jaminan Sosial

Komisi IX DPR memasukkan pasal yang mengharuskan tenaga kerja Indonesia di luar negeri untuk menjadi peserta program jaminan sosial nasional dalam revisi UU No.39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 08 September 2015  |  19:41 WIB
Ilustrasi: Terminal khusus TKI di Bandara
Ilustrasi: Terminal khusus TKI di Bandara

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi IX DPR memasukkan pasal yang mengharuskan tenaga kerja Indonesia di luar negeri untuk menjadi peserta program jaminan sosial nasional dalam revisi UU No.39/2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

Dalam rapat kerja dengan jajaran direksi BPJS Ketenagakerjaan, Komisi IX DPR meminta komitmen dan kesiapan badan tersebut untuk mengakomodasi peserta dari kalangan pekerja migran.

"Perlindungan pekerja di luar negeri akan memakai jaminan sosial nasional, ini sudah dimasukkan dalam draf revisi UU, tinggal kesiapan dari BPJS saja," kata Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf, Selasa (8/9/2015).

Pembahasan revisi UU tersebut, katanya, telah tuntas pada tingkatan komisi. Selanjutnya, pembahasan akan dilakukan dalam badan legislasi DPR dan membentuk panitia kerja untuk melakukan harmonisasi, pembulatan, dan pemantapan konsep.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TKI sjsn
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top