Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaet Dana Murah, CIMB Niaga Syariah Tempuh Strategi Ini

Unit usaha syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk kian berinovasi untuk menggaet dana murah. Terbaru, unit syariah ini meluncurkan produk rekening investor berbasis syariah, sekaligus sebagai wujud komitmennya sebagai bank pembayaran yang ditetapkan Kustodian Sentral Efek Indonesia.
cimb niaga
cimb niaga

Bisnis.com, JAKARTA—Unit usaha syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk kian berinovasi untuk menggaet dana murah. Terbaru, unit syariah ini meluncurkan produk rekening investor berbasis syariah, sekaligus sebagai wujud komitmennya sebagai bank pembayaran yang ditetapkan Kustodian Sentral Efek Indonesia.

Chief of Syariah Banking Bank CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan perusahaan memang tengah berupaya menggenjot dana murah untuk menggantikan simpanan lain yang lebih mahal.

“Saat ini secara keseluruhan, termasuk simpanan di induk kami, porsi dana murah mencapai 45%. Ini menjadi strategi agar porsi tersebut bisa naik menjadi 50%-55%,” jelas Pandji usai peluncuran produk Investor Account iB X-tra di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Menurut Pandji, produk berakad wadiah ini ditujukan bagi nasabah perorangan juga institusi. Rekening ini khusus digunakan untuk melakukan penyelesaian transaksi efek, baik berupa kewajiban serah maupun hak terima dana terkait dengan efek yang dimiliki melalui perusahaan sekuritas/pemegang rekening KSEI.

“Peluncuran Investor Account iB X-tra ini adalah wujud dan bukti nyata dari komitmen dan peran aktif CIMB Niaga Syariah dalam penerapan regulasi pasar modal tentang fund separation dan Single Investor Identity (SID). Aturan ini mengharuskan adanya pemisahan dana milik investor dari perusahaan sekuritas sebagai bentuk perlindungan dan transparansi dana milik investor,” ungkap Pandji.

Guna mendukung kelancaran penerapannya, lanjut Pandji, CIMB Niaga Syariah memberikan layanan bagi nasabah investor maupun perusahaan sekuritas dengan menyediakan CIMB Clicks bagi nasabah perorangan dan BizChannel@CIMB bagi nasabah institusi/perusahaan sekuritas, sehingga lebih mudah melakukan transaksi melalui internet banking.

Selain itu, tersedia juga layanan host to host Gateway@CIMB kepada perusahaan sekuritas aktif pada online trading Investor Account iB X-tra memberikan keamanan bagi investor bertransaksi di pasar modal melalui pemisahan rekening dana dan membantu investor mengecek saldo dan mutasi dana melalui sejumlah fasilitas e-channel seperti CIMB Clicks, Go Mobile, Phone Banking 14041, ATM CIMB Niaga dan ATM dengan jaringan ATM Bersama dan Prima.

Kemudahan lain, limit transaksi dan akses pengkreditan untuk Investor Account iB X-tra tidak dibatasi, memperoleh bonus kompetitif yang dihitung berdasarkan saldo harian, tidak dikenakan saldo minimum pengendapan, bebas biaya administrasi bulanan, dan bebas biaya saldo di bawah minimum.

“Investor juga dimudahkan untuk melakukan penambahan dana melalui penyetoran tunai di kantor cabang CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah, dengan fasilitas cash deposit machine,” tutur Pandji.

Secara bankwide, CIMB Niaga terus berkomitmen dalam mendukung perkembangan pasar modal, serta berperan aktif dengan menghadirkan layanan pasar modal yang komprehensif dan lengkap bagi perusahaan sekuritas, bank kustodian, maupun Self Regulatory Organizations (SRO).  

Sejak penerapan sistem scriptless pada tahun 2000, CIMB Niaga telah terpilih sebagai Bank Pembayaran KSEI sebanyak 5 periode berturut-turut sejak tahun 2000 hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper