Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MODAL BPD: Pemprov Sumbar Cairkan Rp70 Miliar untuk Bank Nagari

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mencairkan penyertaan modal daerah untuk Bank Nagari alias PT BPD Sumatra Barat senilai Rp70 miliar untuk pengembangan bisnis dan penguatan modal perseroan.
Bank Nagari./JIBI
Bank Nagari./JIBI

Bisnis.com, PADANG--Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mencairkan penyertaan modal daerah untuk Bank Nagari alias PT BPD Sumatra Barat senilai Rp70 miliar untuk pengembangan bisnis dan penguatan modal perseroan.

Ali Asmar, Sekretaris Daerah Pemprov Sumbar menyebutkan proses pencairan tengah dilakukan dan ditargetkan tuntas di penghujung tahun ini. "Lagi proses pencairan. Totalnya termasuk tahap pertama mencapai Rp70 miliar," katanya kepada Bisnis.com, Jumat (16/10/2015).

Dia menyebutkan penyertaan modal daerah itu penting untuk meningkatkan kinerja Bank Nagari, yang mayoritas sahamnya dimiliki Pemprov Sumbar. Namun, Ali megakui pemda tidak mampu menyertakan modal dalam jumlah besar seperti BPD lainnya karena keterbatasan anggaran.

Meski begitu dia menjanjikan pemerintah daerah tetap memprioritaskan peningkatan permodalan Bank Nagari di tahun-tahun berikutnya.Adapun, sesuai pagu anggaran pemerintah daerah, BUMD yang mendapatkan suntikan modal melalui APBD Sumbar 2015 hanya Bank Nagari sebesar Rp45 miliar dan PT Grafika Sumbar Rp2,5 miliar.

Penyertaan modal tersebut belum termasuk yang disetujui melalui APBD perubahan. Sedangkan beberapa BUMD lainnya tidak menerima suntikan modal karena dinilai tidak optimal dan manajamen yang bermasalah.Untuk diketahui, Pemprov Sumbar menguasai 30% saham Bank Nagari. Sisanya dimiliki pemda 19 kabupaten dan kota di daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper