Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamkrindo Rintis Lembaga Rating Khusus UMKM

Jamkrindo akan menginisiasi pembentukan lembaga rating bagi usaha kecil mikro dan menengah di Indonesia.

Bisnis.com, MANGUPURA--Jamkrindo akan menginisiasi pembentukan lembaga rating bagi usaha kecil mikro dan menengah di Indonesia.

Lembaga rating ini nantinya akan melakukan pemeringkatan kepada usaha kecil dan menengah (UMKM), sehingga dapat membantu memudahkan akses ke lembaga pembiayaan.

"Sebenarnya untuk awal diprakarsai atas arahan dan kajian oleh Assipindo [asosiasi perusahaan penjaminan Indonesia], tetapi karena masih ada proses, maka Jamkrindo akan awali," ujarnya di Nusa Dua, Senin (16/11/2015).

Menurutnya, lembaga rating tersebut masih sedang digodok apakah berbentuk lembaga atau perusahaan tertutup (PT). Dia memastikan apabila asosiasi sudah siap, maka lembaga rating tersebut akan berada di naungan mereka.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung rencana pembentukan lembaga rating bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang dapat befungsi membuka akses lebih luas ke lembaga pembiayaan.

‎Lembaga rating dinilai dapat membantu melengkapi model koordinasi antara penyalur pembiayaan dalam hal ini perbankana dan perusahaan pembiayaan sehingga mempermudah melakukan seleksi.

Ketua OJK Muliaman D Hadad menyatakan keterbukaan akses bagi UMKM penting agar potensi mereka dapat dioptimalkan karena merupakan kekuatan ekonomi besar.

"Jumlah dan persentase UMKM berpengaruh terhadap GDP, jumlahnya kan sangat besar di Indonesia," ujarnya dalam launching lembaga pemeringkat UMKM di sela-sela International Guarantee Seminar.

Dia menekankan pada dasarnya rating agency akan melengkapi model penyaluran pembiayaan yang sudah dilakukan. Keberadaan lembaga ini dapat membantu menyakinkan penyalur dana akan kondisi nasabah atau customer yang mengajukan pendanaan.

Lembaga rating ini diharapkan juga dapat membangun pusat data berapa banyak, bidang usaha, dan lokasi UMKM berada. Dengan begitu, dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan dan melanjutkan program berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper