Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Himbara dan Jasa Marga (JSMR) Luncurkan Kartu E-toll Bersama

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) bekerjasama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meluncurkan kartu pembayaran tol elektornik (e-toll) bersama.
E-Toll. /Bisnis.com
E-Toll. /Bisnis.com

Bisnis.com,JAKARTA -- Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) bekerjasama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meluncurkan kartu pembayaran tol elektornik (e-toll) bersama. Peluncuran dilaksanakan di pintu tol Jatiasih dan dihadiri oleh Menteri Negara BUMN Rini Soemarno.

Hadir pula dalam peluncuran yakni Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman, Ketua Umum Himbara sekaligus Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Asmawi Syam, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Achmad Baiquni dan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono.

Dalam sambutannya, Rini mengapresiasi kinerja seluruh pihak terutama kepada Bank Mandiri yang disebutnya akhirnya bersedia membuka diri. Pasalnya selama ini, sistem pembayaran tol elektronik sejatinya sudah dilaksanakan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2010 silam dan dengan sistem yang sudah cukup matang.

Oleh karena itu, dengan terlibatnya tiga bank BUMN lain diharapkan penggunaan e-toll dapat semakin meluas. Selain itu, kata Rini, biaya yang selama ini ditanggung oleh Bank Mandiri bisa lebih ringan.

"Jadi bisa lebih efisien. Kalau dulu biayanya ditanggung Mandiri sendiri sekarang seperempatnya. Begitu pula dengan biaya sosialisasinya," ujarnya usai peresmian, Senin (21/3/2016).

Rini juga berharap penggunaan e-toll ini kedepannya bisa digunakan di seluruh jalan tol dan bukan hanya di ruas tol yang dikelola Jasa Marga. Oleh karena itu dirinya akan membujuk investor swasta pengelola jalan tol agar mau memakai sistem pembayaran ini.

Direktur Utama Jasamarga Adityawarman mengatakan, untuk tahap awal pembayaran menggunakan kartu e-toll baru bisa digunakan di tol luar kota yakni ruas tol JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), ruas tol Ulujami-Pondok Aren, ruas tol Jakarta-Tangerang dan ruas tol Bogor Outer Ring Road.

"Secepatnya akan menyusul 14 ruas tol lain yang implementasinya secara bertahap," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper