Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antam (ANTM) Tunjuk Pemenang Lelang Proyek Feronikel Halmahera

Korporasi tambang milik negara, PT Antam (Persero) Tbk., menyatakan telah melakukan penunjukan pemenang lelang kontrak rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC) turnkey proyek pembangunan Pabrik Feronikel di Halmahera Timur (P3FH) tahap I line 1.
Gedung Antam
Gedung Antam

Bisnis.com, JAKARTA--- Korporasi tambang milik negara, PT Antam (Persero) Tbk., menyatakan telah melakukan penunjukan pemenang lelang kontrak rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC) turnkey proyek pembangunan Pabrik Feronikel di Halmahera Timur (P3FH) tahap I line 1.

Pemenang lelang itu adalah konsorsium Kawasaki Heavy Industries Ltd. dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dengan nilai kontrak Rp3,42 triliun. Direktur Pengembangan Antam Johan N.B Nababan mengatakan penunjukan pemenang lelang itu menandai komitmen perseroan dalam penyelesaian proyek tersebut secara tepat waktu dan tepat anggaran.

“Pabrik feronikel Haltim akan meningkatkan kapasitas produksi feronikel perusahaan dari 27.000-30.000 Ton Nikrl (TNi) per tahun menjadi 40.500-43.500 TNi per tahun, serta turut mendukung program pembangunan industri dasar logam stainless steel,” paparnya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2016).

Menurutnya, proyek P3FH itu dapat melaksanakan komisioning pada akhir 2018. Proyek itu sendiri dianggap merupakan salah satu proyek strategis Antam yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah potensi bijih nikel melalui kegiatan pengolahan bijih nikel menjadi feronikel.

Proyek P3FH tahap I line 1 itu akan memiliki kapasitas produksi 13.500 TNi dalam feronikel. Pabrik itu akan ditunjang dengan fasilitas produksi utama yaitu rotary dryer berkapasitas 170 ton per jam, rotary klin kapasitas 165 ton per jam, electric smelting furnace kapasitas 60 MW serta peralatan penunjang lainnya.

Terkait dengan penyediaan tenaga listrik pabrik tersebut, Antam telah menandatangani nota kesepahaman pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 80 MW dengan PT Bukit Asam (Persero) Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper